Bisnis kuliner Jepang memang semakin banyak dicari oleh penduduk Indonesia. Mulai dari sushi, ramen, udon, tempura dan lainnya memiliki cita rasa khas yang mudah diterima rasanya oleh masyarakat Nusantara. Tak ayal jika banyak para pelaku usaha percaya diri membangun bisnis kudapan Jepang di Indonesia.

Kendati banyak pecinta kuliner Jepang, bagi Anda para investor yang sedang antusias mendirikan bisnis kuliner Jepang perlu memerhatikan bebeberapa langkah berikut agar tidak terjebak dengan ambisi yang tidak hakiki.

Sebagaiaman yang diungkapakan Anthonius Tony selaku owner bisnis Oto Bento jika pertama adalah selain pertimbangan modal adalah kenali produk yang akan dijual. Lakukan trial dan error di dapur Anda terlebih dahulu. Kemudian berikan pada rekan atau orang terdekat Anda untuk menilai produk Anda.

Kedua adalah test market, cari tempat yang strategis untuk branding bisnis kuliner Jepang Anda dengan packaging yang menarik serta dukungan atribut lokasi mulai dari spanduk, balon, dan brosur. “Bahkan di era digital ini kita bisa promo di media sosial dengan rutin,” jelasnya.

Ketiga adalah pelayanan, jika bisnis kuliner Anda semakin ramai, dianjurkan untuk mencari pegawai atau staff yang bisa memberikan dukungan untuk perkembangan bisnis Anda. Berikan pengarahan untuk sopan dan ramah agar memberikan kesan baik di hati pelanggan.

“Pelayanan yang ramah mampu memerikan kontribusi untuk perkembangan bisnis Anda. Tentunya pemilik usaha juga harus menunjukan simpati kepada para staffnya supaya loyal pada bisnis Anda,” ungkapnya.

Keempat adalah berusaha sambil berdoa alias ora et labora. Usaha sudah dilakukan, tentunya tinggal berdoa pada Tuhan yang Maha Kuasa. Jangan mudah putus asa, sebab setiap yang bernyawa telah memiliki rizkinya masing- masing!.