Franchiseglobal.com - Bisnis waralaba fried chicken masih menjadi cuan banyak investor, pertumbuhannya dari tahun ke tahun bak bunga bermekaran. Salahsatu brand yang berkembang pesat itu adalah Chicago Fried Chicken, hal itu terlihat dari kesuksesannya dalam setiap tahun dapat membuka gerai baru sebanyak 60 sampai 70 gerai.

Manager Operasional Chicago Fried Chicken, Wahyu mengatakan brand yang berdiri sejak 2015 ini kini telah menjadi besar dengan memiliki 265 outlet. Pertumbuhan setiap tahunnya terbilang cukup pesat dari 185 outlet di akhir 2018. 

"Cabang milik pusat ada 3 gerai, sisanya milik mitra. Tentu kita bersyukur dengan pertumbuhan bisnis ini, paling tidak di akhir 2019 target kita bisa mencapai 320 outlet keseluruhan," tuturnya kepada Franchiseglobal.com via sambungan telephone, Rabu, (14/8/2019).

Wahyu menjelaskan dalam mencapai target tersebut Chicago Fried Chicken kian gencar melakukan promosi di sosial media. Di antaranya membangun Youtube channel, beriklan di Instagram, Facebook dan mengelola website resminya.

Sejak awal berdirinya Chicago Fried Chicken hadir dengan tujuan agar dapat membangun ekonomi masyarakat. Bahkan pada awalnya masyarakat yang hendak berjualan diberikan fasilitas gerobak bisnis fried chicken secara gratis. Hingga barulah di tahun 2016 Chicago Fried Chicken menetapkan management franchise dalam kemitraannya. 

"Kita menawarkan 6 konsep bisnis, ada Meja Counter dengan nilai investasi Rp21 juta, Konsep booth Rp24 juta, Meja Costume Rp25 juta, Kios Rp55 juta, Countener Rp85 juta dan konsep Mini Resto Rp150 juta. Adapun rennual contrac berlaku 2 tahun sekali, adapun setelahnya mitra hanya menjalin kerjasama dipembelian bahan baku," terangnya.

Wahyu mengungkapkan nilai investasi tersebut sudah termasuk equipment, PPN dan support grand opening dengan menyediakan badut. Perhitungan BEP sendiri hanya sekitar 8- 12 bulan dengan hitungan 8 ekor ayam per hari Rp42 ribu kemudian harga jualnya Rp85 ribu. Total omzetnya Rp1.600.000 per hari. 

"Itu baru hitungan omzet di menu ayamnya saja. Sedangkan kita punya menu lainnya. Setiap outlet setidaknya dioperasikan oleh 1- 4 karyawan, adapun secara PT dikerahkan oleh 60 orang," ujarnya.

Chicago Fried Chicken hadir dengan berbagai macam menu, tidak hanya menawarkan ayam goreng bagi konsumennya. Menu lainnya seperti nugget, burger, pizza dan lainnya. Harapannya dengan berbagai inovasi, Chicago Fried Chicken dapat terus berkembang dan dinikmati masyarakat.

"Di bawah PT. Chicago Star Corp beberapa agenda untuk membangun branding dan enggagment telah dilakukan. Seperti melakukan CSR dengan buka puasa bersama di sekitaran gerai Chicago dan juga turut berpartisipasi mensupport acara 17 Agustusan," tutupnya. [hfz]

p