Franchiseglobal.com – Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) menggelar acara buka puasa bersama di kantornya, di kawasan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018) lalu.

Acara buka puasa ini dikemas dengan kegiatan sharing dan gathering yang bertajuk ‘Pembiayaan Bisnis Waralaba’.

Acara dibuka oleh Tri Raharjo selaku Sekretaris Jenderal WALI melalui sesi sharing dengan pembicara utama Iman Camil dari Unistellar (suatu lembaga khusus pembiayaan bisnis waralaba) dan juga para tamu undangan yang hadir.

Ketua Umum Wali, Levita Supit SH, MH mengatakan bahwa semua yang hadir dalam acara buka puasa tersebut terdiri dari para Member WALI, WALI Family, Konsultan WALI, dan juga Lawyer.

“Kita semua berkumpul disini untuk berbuka puasa bersama,” terang Levita saat berbincang dengan wartawan Franchiseglobal.com saat buka puasa bersama di kantornya.

Ita (panggilan akrab Levita Supit-red) menambahkan, dengan adanya sesi sharing ini, teman-teman franchise akan lebih tahu informasi terkini terkait dengan pembiayaan lain yang juga bisa didapat selain dari bank.

“Selama ini kan kita tahunya pembiayaan itu dari bank. Tapi ternyata ada juga pembiayaan dari lembaga lain yang bisa membiayai bisnis waralaba kita,” jelasnya.

“Jadi kami memberikan informasi dan menjembatani mereka apabila mereka berminat dengan pembiayaan tersebut.”

Menurut Ita, pembiayaan tersebut ditujukan lebih kepada para franchisor, bukan ke franchisee.

 “Kalaupun harus ke franchisee bisa, tapi tentu ada ketentuan-ketentuannya,” katanya.

Adapun syarat untuk bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga khusus tersebut, kata Ita, harus dilihat dari bisnis yang dijalankan terlebih dahulu. Apakah bisnisnya berjalan dengan baik atau tidak.

“Syaratnya dia akan lihat bisnisnya itu seperti apa. Tentu bisnis yang dia biayain itu bisnis yang sudah approvent dan yang sudah jelas bisnisnya,” pungkasnya. [ded]