Franchiseglobal.com - Kopitiam Oey didirikan oleh Bondan Winarno. Kopitiam adalah brand generic/nama umum, berasal dari kata kafe tien dalam dialek Hokkien yang berarti “warung kopi”. Kopitiam Oey pertama kali dibuka di Jl. Haji Agus Salim 18 (d/h Laan Holle 18), Jakarta Pusat pada tahun 2009.

Nama Kopitiam ternyata sudah menjadi merek yang dipatenkan oleh salah satu perusahaan dalam negeri dan mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM RI. Dengan alasan pertimbangan hukum serta kemungkinan somasi dari pemilik hak paten, Kami memutuskan untuk mengganti nama menjadi “Kopi Oey”, sehingga kami bisa lebih fokus kepada pelayanan dan pengembangan usaha termasuk seluruh cabang yang merupakan bagian di dalamnya.

Mengusung VISI, Menjadi Warung Kopi/Kopitiam yang terbaik di antara Kopitiam yang ada. Dengan MISI, menjadi Warung Kopi/Kopitiam yang memberikan kenyamanan serta pelayanan yang lebih, memiliki branch terbanyak, memberikan harga yang jujur kepada masyarakat dan menyajikan menu yang terbaik.

Untuk segmen market, masuk berbagai kelas A, B & C, menjadi tempat yang hangat bagi family, 60 persen pengunjung wanita. Pada Sabtu Minggu membidik kalangan bikers, dan keluarga. Adapun pada hari Kerja membidik Eksekutif muda, karyawan, pekerja kantoran.

Di bawah naungan PT Kopitiam Oey Indonesia, kini telah memiliki 17 outlet yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Kopi Oey sendiri memiliki cita rasa kopi yang jujur karena melalui biji kopi pilihan yang di ambil dari 5 wilayah di antaranya ada Aceh Gayo, Temanggung, Toraja Kalosi, Bali Kintamani dan dari Flores Badjawa. Tidak hanya menyediakan kopi asli Indonesia, di Kopi Oey pengunjung juga disuguhkan dengan beragam menu pilihan lainnya yang pasti menggugah selera.

Kopi Oey juga masih membuka lebar peluang kerjasama bisnis franchise. Adapun persyaratan yang harus disiapkan di antaranya; Para calon mitra menyatakan/membuat surat pernyataan minat dan sadar bahwa ini adalah investasi, di mana resiko selalu ada dan PT Kopitiam Oey Indonesia tidak menjamin keberhasilan dari investasi tersebut. Para calon mitra sadar bahwa keuntungan dan kerugian suatu investasi adalah tergantung dari banyak hal, selain dari merek, SDM, dan sistem, juga lebih banyak variabel dari lokasi yang ditawarkan. Surat tersebut ditujukan kepada kami PT Kopitiam Oey Indonesia ditandatangani di atas materai.

Selanjutnya ideal ukuran tempat usaha sekitar ± 120 m2, dengan kapasitas tempat duduk ± 80 kursi. Jumlah karyawan sekitar 15-17 orang, optimal untuk buka dari jam 07.00-22.00. Akan lebih baik bila lebih dari 80 kursi, dengan catatan jumlah parkiran memadai (ideal lebih dari 10 mobil bisa parkir). Bila kapasitas tempat duduk lebih dari 80 kursi, kami akan hitung ulang. Namun, bila lebih dari 80 kursi, tentu akan mempengaruhi besar sales juga.

Setiap cabang nantinya masih dalam tema Oey. Bila ada desain lain, yang masih dalam tema Oey, kami terbuka dengan catatan berdasar kesepakatan antara pihak Principal dan Mitra. Ini yang membedakan kami dengan kemitraan/franchise lainnya.

Tidak kalah penting, menyiapkan dana investasi sekitar Rp. 550,000,000,- (di luar PPN 10%), yang disetorkan ke rekening PT. Kopitiam Oey Indonesia. Dana 550 juta tersebut untuk ukuran luas ± 120 m2. Bila lokasi kurang atau lebih dari 120 m2 akan dihitung ulang berdasar layout. Bila kurang dari 60-80 m2 investasi diperkirakan Rp 350 juta, bisa kurang jika masuk ke kelas foodcourt Mall Premium.

 

Untuk investasi awal yang tersebut di atas, tidak termasuk biaya untuk sewa lokasi, renovasi (di dalamnya ada AC, penambahan toilet, penambahan daya listrik, ducting, dll.), dan biaya ekspedisi. Perijinan dan pajak yang timbul akibat kerjasama ini ditanggung oleh mitra.

Dana di atas untuk: alat saji, alat dapur, paket POS (1 tahun), alat kantor, ornamen/dekorasi ciri khas Kopi Oey, mebel furniture (meja kursi dengan jumlah berdasar layout yang akan kita buat (luas 120 m2 kurang lebih 80 kursi), seragam, recruitment & training. Dana tersebut tidak termasuk gaji bulan pertama dan modal kerja. Besar kecilnya budget renovasi sangat tergantung dari luas lokasi dan bentuk bangunan.

klik link berikut untuk informasi lengkapnya https://www.franchiseglobal.com/kopi-oey.html