Setelah 2 tahun di tempa pandemi, Pameran Franchise & License Expo (FLEI) Indonesia kembali digelar di Asembelly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 3-5 Juni 2022 .

Pameran ini hadir untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang tertarik dengan bisnis Franchise, UMKM, lisensi dan Kemitraan.

Royanta Handaya, Project Director PT Panorama Media mengatakan berkembangnya bisnis berbasis waralaba membuat rantai pasokan di berbagai jenis ikut berkembang. Contohnya seperti bisnis peralatan dapur modern, peralatan kedai kopi, penyedia bumbu masak siap saji, jasa ‘cloud kitchen’ atau ‘ghost kitchen’.

Cloud kitchen atau ghost kitchen merupakan bisnis model dapur bersama yang menyediakan fasilitas untuk memproduksi makanan dari berbagai merek kuliner.

“FLEI juga menyajikan acara talkshow, seminar yang mendukung tema utama, yaitu sebagai inspirasi, kiat sukses, hingga menjadikan bisnis dengan sistem franchise, dan bisnis franchise terbaru solusi ketika masa pandemi 2 tahun silam,” ujarnya dalam sambutan pembukaan pameran FLEI, Jumat (3/06/2022).

Hakikatnya, penawaran bisnis waralaba tidak akan pernah habis. Bisnis waralaba mengkloning bisnis yang sudah terbukti sukses, sehingga risiko bisnisnya dapat ditakar dan relative terkendali. Tidak memiliki resiko besar seperti bisnis yang dirintis dari awal.

Tri Raharjo, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) memaparkan dalam 2 tahun terakhir WALI mengadakan berbagai kegiatan untuk mengedukasi para pebisnis Waralaba di Indonesia.

Selain itu WALI juga melakukan Benchmatching mengadakan Franchise License Business Forum di tahun 2021 bekerja sama dengan Franchise Academy Indonesia dengan menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai negara.

Perhimpunan WALI terus mendorong recovery bisnis, akhir tahun lalu kerja sama dengan pihak Kemendag menggelar acara Bizfest 2022. Tujuannnya tak lain untuk memulihkan & meningkatkan di bisnis Waralaba di Indonesia.

“Dari kegiatan tersebut terjadi potensi dan transaksi 35.9 Milyar, ini adalah upaya dari perhimpunan WALI untuk sektor bisnis di Indonesia.di tahun 2022 WALI juga kerap menggelar Webinar Peluang Bisnis yang rutin dilakukan setiap bulan,” jelas Tri Raharjo.

FLEI adalah sebuah pameran berbasis “ekosistem peluang bisnis” yang membantu mempertemukan antara pemilik waralaba dan calon pewaralaba. Menciptakan koneksi, membangun komunikasi, menemukan peluang, mengambil keputusan memulai usaha atau meningkatkan pendapatan.

Pameran ini diharapkan bisa menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba dan berbagai peluang bisnis lainnya agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia. Tagline ‘Temukan Peluangmu’ menyiratkan pesan kuat agar pebisnis muda berani mengambil keputusan penting untuk berwirausaha.