JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Bisnis kopi kekinian boleh dibilang semakin menunjukkan potensi yang sangat menjanjikan untuk digeluti. Hal ini terlihat dari maraknya kedai kopi yang bermunculan. Salah satunya Kopi Kangen besutan William Heuw dan Chris Erlando sejak Februari 2019 lalu.

Kedai kopi kekinian yang berkibar di bawah bendera PT Karya Generasi Milenial rupanya tak butuh waktu lama untuk bisa diterima pasar. Bahkan sejak pertama kali membuka peluang kemitraan pada Juni 2019 lalu, hingga kini, Kopi Kangen sudah memiliki 27 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Bali dan Jambi.

“Target kami di tahun 2020 itu minimun bisa membuka sebanyak 100 gerai. Dimana sekitar 25 persennya harus masuk mall-mall yang ada di lima Jakarta, seperti Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” kata William saat dihubungi FRANCHISEGLOBAL.COM via telepon, Jumat (27/12).

William menuturkan, untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kopi Kangen dibutuhkan nilai investasi sebesar Rp120 juta dengan masa kerjasama tiga tahun. Nilai tersebut untuk keperluan lisensi, mesin kopi dan bahan baku awal.

“Karena kita kan pakai mesin kopi, bukan manual. Dan lokasi juga dari mitra. Jadi nilai tersebut belum termasuk sewa lokasi dan renovasi,” jelas pria dengan background Barista ini.

Berdasarkan hitungan William, rata-rata mitranya bisa menjual sekitar 110-150 cup setiap harinya atau setara dengan Rp2,6 jutaan per hari. Sehingga diperkirakan mitra sudah bisa balik modal dalam kurun waktu 6 bulan. Dalam kerjasama ini, mitra dikenalan biaya royalty sebesar Rp1,5 juta flat setiap bulannya.

Kopi Kangen sendiri hadir dengan dua jenis yakni coffee dan non coffee dengan harga mulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribuan. Untuk jenis coffee tersedia menu Kangen Aren, Maca Kangen, Kangen Abang, Kangen Koko, Kangen Avokoko, Kangen Amel, Kangen Hati, Kangen Nona, Kangen Ajah dan Kangen Pamela.

Sementara untuk Non Coffee hadir dengan menu Kangen Houjicha, Kangen Cici, Kangen Marisa, Kangen Kotaro, Kangen Emon, Kangen Mantan, Kangen Sobat, Kangen Sakura dan Kangen Kamu.

Menu Wafel Kopi Kangen

Menu wafel ini menjadi salah satu nilai lebih dari Kopi Kangen di samping menu minuman kopi dan sejenisnya. Camilan wafel boleh dibilang sebagai pelengkap kopi yang menjadi pembeda dari gerai-gerai kopi lainnya.

Adapun menu wafel yang tersedia seperti Plain, Coklat Keju, Vanilla Chocochip, Pandan Srikaya, Vanilla Nutella Almond dan Coklat Ovomaltine Keju. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp16 ribu sampai Rp27 ribuan.

“Dengan penjualan wafel digerai Kopi Kangen, maka pencapaian omset di setiap gerai akan bertambah,” pungkas William.