Bisnis kedai kopi di Indonesia memang tidak pernah lekang dimakan zaman. Walau sejak era kolonialisme kedai kopi sudah akrab bagi masyarakat bumi Nusantara, namun pesona menyeruput minuman hitam nan kental di kedainya langsung seolah sudah mendarah daging.

Tak salah jika kian banyak bertebaran bisnis coffee shop yang menawarkan konsep jadoel. Salah satu bisnis waralaba yang menyematkan konsep tersebut adalah Bangi Kopitiam. Mengusung konsep modern vintage yang friendly menjadikan, Bangi Kopitiam diminati kaum muda untuk santai sambil minum kopi.

Walau begitu, bisnis franchise asal Malaysia ini tetap diminati oleh kaum muda untuk menikmati secangkir kopi, sambil ber-kongkow ria. Nama bangi sendiri diambil dari dari nama jalan di Kota Baru, Malaysia, kemudian digabungkan dengan nama Kopitiam. Sehingga lahirlah nama Bangi Kopitiam sebagai brand franchise di negeri jiran tersebut.

Vincennes Faronto Direktur Bangi Kopitiam mengatakan bangi kopitiam mempunyai arti tempat minum kopi yang berasal dari bahasa Malaysia. "20 persen menu disini makanan Indonesia sisanya makanannya berasal dari Malaysia," katanya.

Di Indonesia sendiri, Bangi Kopitiam telah masuk ke pasar tanah air sejak 5 tahun lalu dengan membuka outlet perdana di Pesanggrahan, Jakarta. Kini pemegang hak merek Kopitiam ini sudah menjadi menelurkan total lebih dari 50 outlet di berbagai wilayah di Indonesia.

Terkait menu yang tersedia, Bangi Kopitiam menyediakan lebih dari 200 item makanan khas melayu tempo dulu. Terdapat beberapa menu favorit di bangi kopitiam, untuk makanan ringam ada Melacca Portuges Toast, makanan berat ada Chicken Penyet Rice serta Nasi Soto Ayam dan untuk minuman ada Teh Tarik.

Namun jangan khawatir, dari segi harga, Bangi Kopitiam menawarkan produk-produknya dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. "Harga makanan dan minuman yang ditawarkan disini mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 75.000," tambahnya.

Dalam menyambut bulan Ramadhan Bangi Kopitiam telah menyedikan menu baru, yakni makanan Thailand. "Ada delapan makanan Thailand yang kita sediakan disini nanti dan selama bulan Ramadhan juga Bangi Kopitiam akan mengadakan diskon sebesar 15 persen tanpa minimal pembelian," tuturnya.

Selain menyediakan kopitiam, sebagai ciri khas sebuah kedai atau warung kopi, kami juga menyediakan menu khas melayu. Dan dalam tiga atau enam bulan juga menyediakan menu baru," tutupnya.