Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan bisnis laundry di Indonesia terlihat sangat meningkat pesat. Kini tidak hanya brand besar saja yang eksis di industri binatu ini, gerai-gerai laundry kiloan skala kios pinggir jalan pun laris manis menyasar segmen rumah tangga. Namun bila ditelisik lebih jauh, bukan hanya laundry kiloan atau satuan skala rumah tangga saja yang menawarkan pundi-pundi keuntungan.

Melainkan bisnis binatu skala besar juga menjanjikan pendapatan dan profit yang bisa berkali-kali lipat. Kondisi ini memang selaras dengan permintaan ataupun kebutuhan laundry skala hotel ini yang mencakup partai besar. Belum lagi industri hotel dan tempat penginapan di berbagai daerah juga tengah berkembang pesat.

Melihat peluang yang cukup menjanjikan itu, pelopor bisnis waralaba binatu di Indonesia, Melia Laundry & Dry Cleaning turut menggarap segmen pasar kelas menengah ke atas ini. Prospek bisnis laundry hotel ini pun diprediksi masih sangat panjang, mengingat selain pemerintah tengah menggalakan industri pariwisata yang berimbas pada bertumbuhnya jumlah hotel.

Selain itu juga hotel maupun apartemen saat ini tidak semua yang memiliki divisi khusus laundry sendiri. Sehingga, layanan jasa cuci-mencuci skala besar ini masih sangat dibutuhkan. “Melihat perkembangan industri hotel Indonesia yang masih sangat berkembang dan sebagian besarnya belum memiliki divisi laundry sendiri, untuk itu kami hadir untuk mengakomodir kebutuhan tersebut,” tutur Manager Operational Franchise Melia Laundry, Arum Puspitasari.

Baca juga : Permintaan Terus Meningkat, Melia Laundry Cetak Pertumbuhan 40% Lebih Per Tahun

Lebih lanjut, di tahun 2016 ini waralaba Melia Laundry & Dry Cleaning tengah fokus untuk menggarap segmen pasar laundry hotel ini. Arum menyambungkan, pihaknya juga menawarkan peluang bisnis ini kepada calon mitra yang serius untuk terjun di industri binatu partai besar tersebut.

Bila melihat nama besar dan pengalaman bisnis laundry yang sudah berkiprah di tanah air selama hampir 20 tahun, tentu jangan pandang sebelah mata soal kemampuan Melia Laundry untuk meng-grab segmen pasar ini. Tidak hanya itu, selama ini seluruh jaringan bisnis Melia Laundry & Dry Cleaning didukung hampir 100 workshop di berbagai pejuru daerah sebagai tempat operasional pencucian.

Baca juga : Franchise Leader Market & Franchise Fastest Growing Award 2015 Jadi Milik Melia Laundry

Dari satu workshop itu sendiri bisa menampung rata-rata 500 potong cucian dan mengakomodir kebutuhan 20-25 agen counter di sekitarnya. “Seluruh fasilitas mesin cuci, pengering dan meja setrika dalam skala besar terdapat di outlet workshop tersebut,” tambah Arum. Namun tentu, untuk laundry kiloan, baik dari mesin cuci, pengering sampai meja setrikanya akan berbeda dengan laundry skala kiloan.

Untuk itu waralaba Melia Laundry Hotel ditawarkan investasi berbeda dan diatas paket franchise lainnya. “Kami sudah memikirkan untuk 2016 ini, dari segi investasinya sudah sangat berbeda karena peralatan dan mesin-mesin yang digunakan khusus untuk skala besar dan segmen market hotel serta corporate. laundry hotel kami tawarkan investasi senilai Rp2,6 miliyar,” katanya.

Klik waralaba Melia Laundry untuk informasi franchise, agen, konter investasi, ROI dan info lengkap lainnya.