FRANCHISEGLOBAL.COM - Saat anda ingin memulai investasi waralaba, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Mencari tahu segala risiko yang mungkin akan terjadi di kemudian hari serta mencari tahu semua yang berhubungan dengan waralaba merupakan salah satu langkah yang baik.

Banyak pengamat yang bilang kalau bisnis waralaba itu harus melahirkan profit. Kalimat itulah yang seharusnya menjadi pegangan erat para franchisee dalam menentukan pilihannya. Oleh karena itu, perlu diselidiki terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan di kemudian hari. Apa saja yang harus diselidiki?

Kredibilitas dan akuntabilitas franchisor serta bisnis franchise-nya

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda memeriksa reputasi dari perusahaan yang menjual bisnis franchise tersebut serta ketahui nama pemiliknya. Seperti apa latar belakang bisnisnya dan komitmen mereka terhadap bisnisnya. Jika mereka termasuk yang hit and run, sebaiknya abaikan saja.

Ketahui struktur organisasi dan fungsinya

Boleh dipastikan, perusahaan yang tidak solid tentu tidak akan bertahan lama. Dengan adanya struktur organisasi sudah bisa dilihat kalau perusahaan tersebut kompak dan peduli terhadap bisnis yang ditawarkan ke calon franchisee-nya. Karena dengan begitu, jelas terlihat mereka akan membantu dan memberikan support kepada para franchisee-nya. Jika tidak solid dan kapabel, bagaimana mungkin bisa memberikan advice kepada para franchisee-nya.

Lakukan investigasi di perusahaan tersebut

Datangi perusahaan yang menawarkan bisnis franchise tersebut lalu amati suasana dan keadaan disana. Cobalah berbicara dengan para staf di perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem bantuan yang diberikan oleh mereka kepada para franchisee.

Tanyakan kepada franchisee mereka

Cari tahu siapa saja para franchisee dari usaha tersebut dan berdialoglah dengan mereka. Sebab dari merekalah informasi tentang bisnis franchise tersebut bisa didapat secara objektif sekaligus bisa mendapatkan data penjualan pasti, sehingga memungkinkan untuk meraup keuntungan saat sudah bergabung nanti.

Bandingkan dengan bisnis franchise lain

Sebelum memutuskan untuk membeli bisnis franchise, ada baiknya anda membandingkan dengan dua atau tiga usaha franchise di kategori sejenis. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan perbandingan yang lebih objektif dengan hasil yang lebih baik.

Sebagai catatan, melakukan investigasi sebelum membeli bisnis franchise adalah awal dari langkah kesuksesan anda. Jika anda merasa yakin dengan bisnis tersebut, maka segera ambil keputusan untuk membeli bisnis franchise tersebut.

Selamat berinvestasi!