FRANCHISEGLOBAL.COM, JAKARTA - Beberapa pengusaha kuliner, khususnya bagi mereka yang baru menjalankan bisnis, permasalahan modal usaha seringkali menjadi kendala utama.

Solusinya, adalah dengan mengajak investor untuk bersama-sama mendanai usaha yang dijalankan. Selesaikah sampai di situ? Belum, pasalnya untuk mendapatkan investor yang tepat tidaklah mudah.

Nah, buat kamu yang ingin mencari investor yang tepat perhatikan tips yang diberikan, Chief and Development Officer Landix.id, Romario Sumargo di bawah ini, seperti dikutip Senin (19/9/2022).

Ketahui Level Bisnis
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui level bisnis yang dijalankan, hal ini penting diketahui di mana posisi atau level usaha yang kini sedang digeluti.

Sebab, menurut Romario, berbeda level usaha yang dijalankan tentunya juga akan menentukan level para investor yang ingin memberikan modal untuk membantu usaha tersebut.

Kata dia lagi, bisanya pada tahap early stage, investor biasanya akan melihat siapa founder atau pendiri usaha, bagaimana penerapan ide dalam berbagai produknya, bagaimana mengatur produk dalam memenuhi permintaan pasar, termasuk model dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan dalam tahapan berikutnya atau growth stage, investor biasanya akan melihat dalam manajemen tim, operasi sistem, penghasilan, brand value, dan lain sebagainya.

Fokus Kepuasan Pelanggan
Hal kedua adalah fokus pada kepuasan pelanggan, umumnya salah satu penentuan investor memberikan modal adalah melihat di mana level bisnis berada, sementara untuk meningkatkan level usaha yang sedang digeluti salah satunya dengan mengedepankan kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, pengusaha harus fokus pada kepuasan pelanggannya, sebuah pepatah mengatakan Pembeli adalah Raja, dan dengan mengedepankan kepuasan pelangganproduk yang ditawarkan pun akan menjadi lebih baik.

Investor juga memandang, banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order menjadi indikasi keberlanjutan sebuah usaha. Jika pengusaha kuliner tidak memperhatikan kepuasan pelanggan, maka tentunya jumlah repeat ordernya tidak akan sesuai dengan ekspektasi mereka (investor).

Inovatif
Dijelaskan Romario lagi, dalam menjalani usaha kuliner, pastikan usaha bergerak dinamis, selalu update, inovatif dan kreatif untuk menghasilkan produk-produk yang baik.

Hal itu, kata dia lagi, tentunya mampu membuat usaha terus bertumbuh dengan baik, sehingga bisa naik level dan mendapatkan investor yang tepat.