JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Black Kebab, merek kebab ternama asal Yogyakarta yang sudah eksis sejak 2015 silam terus melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia. Terbaru, franchise kebab besutan FX Ricky Ferdinan Sutrisno dan Silvia Maycella Yufica Chandra ini meresmikan outlet terbarunya di Balikpapan, Kalimantan Timur atau tepatnya di Bohemian & Co Food Court Jl. MT Haryono RT.30 No.25 Balikpapan.

Outlet milik putri daerah Balikpapan yang tak mau disebutkan namanya ini merupakan outlet ke-208 dari total outlet Black Kebab secara keseluruhan di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ricky dalam pesan singkatnya kepada FRANCHISEGLOBAL.COM pada Rabu (14/10) kemarin.

“Mereka ini memang pecinta kuliner dan berkeinginan untuk membuka usaha kebab. Kemudian mereka mencari informasi tentang kebab di internet hingga akhirnya mereka memilih Black Kebab untuk usaha mereka,” kata Ricky.

Di Balikpapan sendiri, kata Ricky, Black Kebab rupanya sangat diterima baik oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan penjualannya yang mencapai 150-an porsi per harinya.

“Kalau lihat dari respon masyarakat, saya berharap mereka bisa menjadi master franchise Black Kebab. Karena saat ini mereka satu-satunya outlet Black Kebab yang ada di Balikpapan,” katanya.

Kendati demikian, Ricky tak menampik kalau usahanya yang telah berhasil meraih 28 penghargaan nasional dan 2 penghargaan internasional tersebut ikut terkena dampak dari pandemi, terutama outletnya yang berada di mall. Sementara untuk penjualan onlinenya sendiri justru mengalami peningkatan.

“Kalau omset gerobakan biasanya Rp600 ribu sekarang bisa mencapai Rp1 jutaan lebih. Sementara kalau yang container sendiri bisa sampai Rp1,4 juta sampai Rp1,6 jutaan perharinya,” tambahnya.

Melihat antusias masyarakat yang cukup antusias dengan pembelian secara online, Ricky pun kini mulai gencar meningkatkan franchise dengan tipe online house. Dengan paket franchise ini, mitranya tak perlu sewa tempat untuk berjualan, karena semuanya bisa dilakukan dari rumah.

“Di masa pandemi ini, penjualan online justru lebih diminati. Karena bisa berjualan dari dalam rumah, tidak perlu bayar sewa, karyawan, cukup dikerjakan oleh ibu rumah tangga, karena penjualannya lebih ke online,” jelasnya.

Sebagai informasi, Black Kebab menawarkan beberapa paket franchise yakni paket Rp20 juta, paket Rp25 juta, paket Rp40 juta dan paket Rp70 juta. Setiap mitra diwajibkan membayar royalti sebesar Rp250 ribu setiap bulannya.

Pada November nanti, Black Kebab rencananya akan membuka outlet baru sekaligus menjadi outlet ke-209 di wilayah Jawa Tengah.