JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Di era digital seperti sekarang ini penting untuk UMKM memiliki strategi yang baik agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Salah satu strateginya adalah dengan cara melakukan penjualan di marketplace yang saat ini semakin gencar dipelajari dan digunakan.

Nah, buat UMKM yang melaqkukan penjualan di marketplace dan memnperoleh hasil maksimal, berikut ini tipsnya seperti dikutip tagar.id, Selasa (28/12/2021).

1. Buat Akun Sosmed
Dalam berjualan di marketplace, tak ada salahnya untuk memiliki akun sosial media khusus untuk produk yang dijualkan.

Melalui sosial media ini, para pelaku usaha dapat mempromosikan produk mereka melalui berbagai fitur yang dihadirkan, seperti Instagram Story, Tiktok, dan lainnya.

2. Foto & Video Menarik
Memberikan upaya yang besar dalam menghadirkan foto maupun video yang menarik juga sangat penting dalam menarik minat masyarakat.

Terkadang, meskipun barang yang mereka lihat tidak sepenuhnya mereka perlukan, foto dan video yang diambil dengan sangat baik membuat beberapa orang jadi ingin memilikinya.

3. Kenali Nilai Produk
Dalam menjual sebuah produk, khususnya saat pesaing bisnis lebih banyak, memiliki nilai menarik dalam produk yang dijual akan memberikan nilai plus tersendiri.

Selain dapat lebih mudah diingat saat mempromosikan produknya, pelaku usaha juga mampu menentukan branding yang sesuai nantinya.

4. Tentukan Target Pasar
Target pasar memang wajib untuk ditentukan bagi pelaku usaha manapun. Target pasar sendiri akan sangat membantu dalam menentukan bentuk promosi yang tepat.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menentukan target pasar sesuai produk yang dimiliki, ya.

5. Buat Promo
Semurah apa pun harga produk di antara kompetitornya, promo dan gratis ongkos kirim (ongkir) akan terlihat lebih menarik bagi para calon pembeli.

Sering mengadakan promo atau give away berupa potongan diskon, produk akan semakin digandrungi, baik oleh pembeli tetap maupun calon pembeli.

6. Mengikuti Tren
Hal berikutnya yang dapat pelaku usaha terapkan dalam meluaskan promosi pasar adalah dengan mengikuti tren dengan baik untuk ajang branding.

Namun, dalam mengikuti tren ini, jangan lupa untuk tetap menjaga reputasi dan nama produk dengan baik. Karena itu, pandai-pandai dalam mengikuti tren, ya.

7. Berkomunikasi dengan Pelanggan
Terakhir dan yang paling penting adalah menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Terlepas dari sebagus apa pun produk yang pelaku usaha jual, jika pemiliknya tak ramah dan tidak bisa menjaga komunikasi dengan baik, pembeli akan malas untuk melakukan pembelian kembali.