Kendati demikian, masih banyak pertimbangan-pertimbangan yang saling mempengaruhi antara dua pilihan tersebut sehingga membuat calon pelaku usaha cukup bingung untuk memilih mana yang lebih menguntungkan.

Senior Franchise Consultant di FT Consulting Indonesia, Utomo Njoto mengatakan, baik bisnis franchise maupun usaha sendiri masing-masing memiliki plus minus yang harus dipahami oleh calon pelaku usaha. Sehingga calon pelaku usaha bisa mencermati setiap peluang serta risiko dari bisnis tersebut.

“Kalau usaha sendiri sudah pasti modal yang dikeluarkan lebih rendah dan profit yang didapat bisa lebih tinggi kalau performance-nya sama dengan yang franchise. Sementara kalau franchise itu kan harus ada biaya franchise, royalti dan lain sebagainya,” ucap Utomo saat berbincang dengan wartawan Franchiseglobal.com usai menggelar seminar bertajuk ‘Usaha Sendiri Atau Franchise? Kenali Kiat dan Perangkapnya’ di GoWork FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, usaha sendiri bisa lebih bebas dalam berinovasi dan bereksperimen. Meski begitu, tingkat risikonya juga lebih tinggi jika dibanding dengan bisnis franchise yang bisa dibilang sudah melewati masa trial error.

Yang harus selalu diingat dan diperhatikan pula, stigma membeli franchise lebih aman daripada memulai usaha sendiri dengan cara dan merek sendiri tidak sepenuhnya benar, khususnya di Indonesia. Sama halnya dengan usaha sendiri, franchise tetaplah merupakan sebuah bisnis atau usaha yang juga memiliki risiko dan harus dilakukan dengan serius dan benar.

“Maka dari itu, orang juga kalau mau beli franchise harus lihat brandnya, jangan asal-asalan. Yang paling utama saat ingin membeli bisnis franchise adalah produk dan layanannya harus benar-benar spesial. Kalau itu tidak dapat maka risikonya sangat tinggi. Setelah itu pilih lokasi yang strategis, branding dan desain yang menarik, smart launching dan program promosi, dan harga yang cukup masuk akal. Karena seorang franchisor itu harus membuat relasinya win win,” tuturnya.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dari masing-masing pilihan, maka keputusannya ada pada anda sebagai seorang calon pelaku usaha.

Selamat berwirausaha. [ded]