Franchise makanan jepang ini baru saja meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand (IPDB) 2015, sebagai merek franchise kategori bento paling populer di dunia maya. Penghargaan yang pantas, mengingat Oto Bento tetap digdaya selama lebih dari sepuluh tahun ini di tengah tumbangnya beberapa merek bento lokal dan menjadi merek paling banyak dicari Netizen.

Hasil tersebut juga mengindikasikan jika banyak masyarakat mencari Oto Bento di dunia digital, baik itu untuk menikmati makanannya maupun untuk mencoba peruntungan bisnis dengan menjadi mitranya. Nah, bagi anda yang tertaik, untuk langkah pertama apa saja kriteria lokasi yang ditetapkan principal kepada Anda calon mitranya?

Menurut Tony, founder and owner Oto Bento, secara general ia tidak menetapkan kriteria khusus. Pasalnya, ujar Tony, setiap daerah dan tempat memiliki karakter yang berbeda-beda. Perlu adanya survei yang emnadapat untuk mengetahui kebutuhan setiap lokasi yang dipilih oleh calon mitranya.

“Kriteria-kriteria yang dimiliki oleh Oto Bento dalam melakukan survei lokasi akan muncul setelah pihak Oto Bento melakukan survei lokasi. Hal ini kami lakukan karena setiap tempat, setiap kota, atau bahkan setiap mall memiliki karakteristik khusus yang akan menjadi pembahasan pihak Oto Bento dengan calon Mitra. Janji layanan kami adalah kejujuran dalam melakukan survei, jika lokasi kurang tepat atau bahkan buruk akan kami katakan apa adanya tanpa adanya perubahan,” papar Tony.

Waralaba bento ini pun selanjutnya akan mensupport sampai lokasi siap untuk digunakan. Dalam pengertian biaya renovasi dan interior tetap dari calon mitra di luar investasi kepada pihak Oto Bento. Support selanjutnya adalah training calon karyawan sampai pada calon karyawan siap untuk menjalankan operasional resto/outlet Oto Bento.

“Support selanjutnya adanya komunikasi intens diantara pihak Oto Bento dengan Mitra dalam pengembangan bisnis Oto bento di lokasi, termasuk adanya menu – menu baru yang terus dikeluarkan oleh pihak Oto Bento. Adapun dukungan moril dari pihak oto Bento kepada Mitra dibuktikan dengan adanya cabang pertama sejak 2006 di kota Makassar yang sampai saat ini terus maju dan berkembang,” tukas Tony.

Maju dan berkembangnya Oto Bento hingga berjumlah 100-an gerai lebih memang sudah diprediksi oleh Tony. Sebab, mereknya memberikan keuntungan 100% untuk mitra-mitranya. Namun harus diketahui, merek yang bermarkas di Bogor ini mew2ajibkan seluruh calon mitranya untuk terjun langsung di bisnisnya. Karena konsep bisnis yang diaplikasikannya adalah franchisee operator.

Manajemen cabang dilakukan oleh Franchisee karena tidak adanya biaya royalty atau biaya manajemen yang dibebankan kepada pihak Franchisee. Hal itu didasari dari pemikiran bahwa Franchisee memiliki hak untuk memperoleh keuntungan penuh dari bisnis yang dikelolanya.

“Sistem tersebut memiliki  kelemahan bahwa tidak semua Franchisee memiliki waktu untuk terjun langsung mengelola bisnis tersebut, hal ini menjadikan landasan awal dari Oto Bento yang selalu memilih calon Mitra yang mampu dan memiliki waktu untuk mengelola bisnis Oto Bento. Adapun kelebihan dari sistem ini adalah adanya kepuasan dari pihak Franchisee bagi kepuasan dalam hal keuntungan penuh ataupun kepuasan tidak berwujud dalam hal keberhasilan mengelola bisnis,” pungkas Tony.(Adv)

Tertarik mencoba keuntungan 100% ala Otobento. Klik Waralaba Oto Bento atau isi form di bawah ini.