Waralaba Shop & Drive sebagai waralaba retail modern otomotif pertama di Indonesia ternyata punya segudang promosi menarik dan menggiurkan untuk para calon franchisor potensial. Tak heran jika waralaba yang satu ini terus menjadi perhatian utama bagi para franchisor.

Lie Se Chiang, selaku Head Retail Marketing & Business Development Department Astra Otto Parts, kepada plasafranchise.com mengatakan, program menarik dan menguntungkan bagi calon franchisor potensial diusung sebagai bagian dari konsolidasi internal yang masuk dalam kegiatan target projection. Menurut Lie,  konsolidasi internal dilakukan juga bertujuan untuk pengembangan bisnis di setiap outlet Shop&Drive. “Hal ini tentunya bertujuan agar setiap outlet memperoleh laba usaha  yang menguntungkan,” katanya.

Shop & Drive menawarkan kepada para franchisor untuk menanamkan modal awal sekitar 464 juta rupiah. Menurut Lie, dengan modal tersebut para mitra sudah mendapatkan kontrak kerjasama selama 5 tahun. Disamping itu, lanjutnya, franchisor juga memperoleh gratis 1 tahun franchise fee menjadi 6 tahun.  “Tidak hanya itu, para franchisor nantinya juga memperoleh discount hingga 40 persen untuk royalty fee dan franchise fee. Sangat menggiurkan bukan,” terangnya.

Inovasi Shop & Drive pun diterangkan Lie terus mengalami peningkatan. Inovasi yang dimaksud disini ialah berupa layanan yang memudahkan bahkan menguntungkan setiap outlet Shop & Drive. “Seperti order barang dalam jumlah kuantiti besar maka harga beli lebih murah,  strategi pengiriman barang langsung oleh supplier untuk wilayah Jabodetabek, dan untuk area lainnya digabungkan dengan unit  trading bisnis. Serta sistem konsinyasi dengan meringankan stok level dan biaya inventory outlet,” tuturnya.

Lie menambahkan, sejumlah inovasi di lakukan untuk memperluas pangsa pasar agar mitra-mitra Shop & Drive memperoleh keuntungan signifikan. “Diantaranya kami buat  program every day is crazy day. Itu promo terus setiap hari, intinya agar menjadikan layanan Shop&Drive sebagai solusi yang paling mudah, karena  inovasi itu penting," kata Lie.

Sementara di sector pelanggan, Lie meyakinkan bahwa Shop & drive mempunyai promo yakni layanan system baru delivery 15000-15 serta memperbaharui layanan digital apps 2 shop&Drive. Menurutnya, Shop&Drive juga terus memperluas pangsa pasar melalui kerjasama dengan sejumlah operator penyedia jasa layanan transportasi online. Para penyedia jasa layanan itu diberikan program khusus yakni  ganti oli, gratis oli filter.

Sementara itu, kata Lie, apabila setelah dilakukan upaya mendukung pertumbuhan bisnis secara penuh, namun franchisor tetap tidak memperoleh pertumbuhan bisnis yang siginifikan, maka pihaknya menyarankan agar dilakukan pergeseran wilayah usaha, ke tempat yang lebih potensial. "Memang sebelumnya dilakukan survei lokasi dan analisa bisnis dasar, namun tidak menutup kemungkinan juga pada pelaksanaannya dijumpai persaingan-persaingan bisnis dengan sejumlah kompetitor lokal," jelas Lie.  

Klik SHOP & DRIVE untuk informasi franchise, investasi, keuntungan, lokasi, BEP dan info lengkap lainnya.