Kehadiran bisnis café modern atau yang tersohor dengan istilah kekinian memang banyak muncul. Bukan lagi di pusat kota, kini hampir disetiap daerah juga mulai ramai dengan munculnya bisnis kuliner yang dikonsep dengan café kekinian.

Pendirinya pun mayoritas adalah generasi millenial atau kawula muda yang semangatnya tengah memuncak. Kendati demikian, anda perlu mempelajari keadaan. Caranya mulai dengan amati market yang akan dibidik, lihat kebutuhan target market dan behavior mereka yang sesuai dengan tren yang sedang happening, kemudian mulai breakdown.

Direktur Marketing What’s Up Café, Ayu Zulia Safira mengungkapkan jika ingin menciptakan bisnis, Anda perlu memiliki mentor bisnis yang berkompeten dan siap melengkapi ide brilian yang mampu bersinergi dengan Anda.“Apalagi kalau gak punya background entah hanya punya modal misalkan atau hanya punya konsep dan gak tahu memanajeman nya. Maka pilihlah mentor terdekat yang sudah punya pengalaman dalam bisnis,” terang Ayu kepada franchiseglobal.com.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan adalah, sabar. Tak sedikit fenomena fluktuatif bisnis yang ada berujung dengan gulung tikar karena kurangnya sabar. Sesuai dengan pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Franchise What’s Up Café juga tercipta dari sebuah café kecil yang terkonsep dengan penuh sabar dan kemudian berkembang hingga memiliki cabang di Pekanbaru dan kota besar lainnya di luar pulau Jawa.

Setelah terkonsep, maka sering- seringlah lakukan aktifitas marketing yang menarik. Misalkan guna menjadi daya magnet pengunjung, bisnis What’s Up Café kerap merangkul grup musik terkenal saat grand opening. Bahkan untuk meramaikan bisnis, media social seperti Instragram juga dimaintain untuk menginformasikan program- program menarik.Branding direct dengan promo yang heboh, seperti bayar makan dengan selfie yang pernah kami lakukan,” terangnya.

Dan yang terkahir adalah inovasi.“Terus inovasi, cari dan gali apa yang mereka butuhkan. Seorang pebisnis harus tahu titik jenuh pelanggan dan kemudian membuat problem solving dengan berinovasi, baik dari produk yang tersaji atau pelayanan yang mampu membuat atmosfir café menjadi lebih menarik!