Franchiseglobal.com - Pangkas rambut di Barbershop tentunya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kaum pria modern saat ini, mulai dari anak-anak sampai orang tua pun sangat butuh dengan yang namanya penampilan gaya rambut, karenanya menciptakan bisnis pangkas rambut menjadi peluang usaha menarik yang tak lekang oleh zaman sebagaimana yang diakui sang Founder sekaligus owner Starsbox Barbershop, Rizky Kurniadi.

Berkibar sejak 2015 di Batam, Rizky mengungkapkan jika sejak 2016 Starsbox Barbershop mulai membuka cabang dengan cara kemitraan. Kini jumlah cabangnya telah mencapai 20 Outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, sambung Rizky yang  punya pengalaman membuka cabang nya di daerah Bedok Center – Singapura ini. Di antara 20 outlet tersebut ada beberapa yang dimiliki sendiri dan ada juga mitra yang memiliki cabang lebih dari satu outlet.

“Targetnya Desember 2019 ini ada beberapa cabang yang akan opening yang saat ini masih dalam tahap renovasi yaitu ada di Binjai (Sumatera Utara), Tegal (Jawa Tengah), Dumai (Riau)” terangnya pada Franchiseglobal.com.

Bicara tingkat keberhasilan, pria yang juga pernah menjadi Dosen Entreprenuer disalah satu Universitas Di Batam ini menuturkan bisnis yang dijalankannya adalah bisnis jangka Panjang. Meskipun saat ini sedang booming tapi perlu dipastikan bisnis adalah bisnis artinya semua penuh resiko, jadi kita tidak hanya melihat sisi happeningnya saja tapi juga harus tetap melakukan study kelayakan maupun mitigasi resiko.

Maka dari itu bisnis Starsbox Barbershop ini memiliki satu komando manajemen pusat, yang saat ini terdiri dari 8 orang tim manajemen yang focus mengelola dan mengontrol operasional semua cabang, mulai dari laporan real time, daily, weekly, monthly maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kelancaran operasional.

Hampir dari semua mitra tidak boleh touch kedalam operasional khususnya yang berkaitan dengan SOP yang sudah dibuat, maka dari itu juga hampir sebagian besar mitra  memperpanjang kontraknya namun ada juga yang tidak dikarenakan ada beberapa hal seperti pindah kelokasi yang lebih strategis, dll sebagainya.

Adapun target penambahan kemitraan Starsbox Barbershop dalam 2 tahun kedepan yaitu pembukaan disemua kota besar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk dinegara tetangga Malaysia seperti Johor dan Kuala Lumpur. Inovasi harus tetap dilakukan mulai dari pelayanan prima, peningkatan skill para barbers, pemanfaatan teknologi digital dan internet sampai pada kolaborasi bisnis to bisnis seperti coffee shop, cars wash, vape store, dll,” tutur pria yang pernah bekerja di perbankan nasional selama 8 tahun ini.

Untuk paket yang menjadi andalan starsbox barbershop sendiri adalah “Premium hair cut” yaitu mulai dari hair cut, wash, vitamin, tonic, hot dan cold towel, massage with face cream, face gel, eye gel, styling with pomade, treatment ini sendiri perlu waktu lebih kurang 45 menit – 1 jam. Ada juga paket lain seperti express hair cut bagi tamu yang ingin cepat dan clean, paket kiddy hair cut, paket family father and son, serta treatment- treatment lain mulai dari colouring, black mask, hair tattoo serta masih banyak lagi layanan premium yang bisa didapatkan dengan tenaga barber yang telah terlatih dan pengalaman. Selain itu kami juga selalu mengupgrade tenaga barbers dengan pelatihan  berkala, mengikuti berbagai seminar, kompetisi barbers battle baik dalam maupun luar negeri.

Di tahun 2019 dan kedepannya Starsbox Barbershop sendiri menawarkan tiga paket Kemitraan Starsbox Barbershop  yaitu mulai dari paket silver Rp 150 juta, paket gold Rp 300 juta dan paket platinum Rp 600 juta, ada juga paket untuk menjadi Master Franchise untuk di satu wilayah tertentu. Adapun setiap paket  akan mendapatkan fasilitas yang berbeda sesuai dengan pilihannya dan yang paling penting tidak ada batas waktu yang mengharuskan mitra membayar biaya franchise fee kembali artinya bayar sekali untuk selamanya dan bisnis mitra akan di manage full dari manajemen pusat serta bisnis 100% milik mitra.  

Bicara ROI atau BEP dari bisnis Starsbox Barbershop ini, tetap mengacu pada pencapaian dari target-target yang telah dibuat oleh manajemen pusat dan tentunya harus didukung oleh para mitra, dikarenakan kami menekankan pada proses tata kelola manajemen dan strategy dalam memenangkan pasar artinya orientasi proses bisnis lebih diutamakan untuk mencapai target-target tersebut, ini “bisnis hari tua” tidak ada keuntungan instans, kita punya target dan itulah yang harus kita capai, evaluasi dan action terus dilakukan.

 “Contoh target minimal 20 Kepala per hari, penjualan Pomade 80 per bulan, tingkat penambahan jumlah members/ loyal customer secara digital dan lain sebagainya, jika itu tercapai kita optimis 20 bulan sampai dengan 24 Bulan bisa BEP”, Imbuh Rizky.

 Semua cabang-cabang serta news tentang starsbox bisa dilihat di Sosial media, mulai dari Instagram, Facebook Fanspage, Google, semua sarana promosi digital kita optimalkan, untuk setiap kota kita siapkan 1 akun Instagram dan Fanspage, sementara Google cukup 1 akun, contoh dapat dilihat di Instagram nya @Starsboxbarbershop_Official. Di Google tinggal cari Starsbox barbershop, bisa kelihatan semua lokasi dan review tamu tentang pelayanan kita, ini sebagai bahan evaluasi tim manajemen jug.

Semua kerjasama yang dilakukan nantinya akan dituangkan dalam bentuk perjanjian yang ditanda tangani dihadapi Notaris Republik Indonesia, semua sudah ada standart mulai dari design tempat, penggunaan merk, seragam kerja, SOP kerja, peraturan kerja, dll sudah ada dan sudah memiliki tanda pendaftaran merk dagang yang dilindungi oleh Undang-undang, kami juga tergabung dalan keanggotaan WALI (Waralaba dan Licensi Indonesia) jadi semua proses yang kami lakukan orientasi pada transparansi opersional bisnis yang semestinya, tentunya hal ini belum sempurna dan kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyempurnakan hal-hal tersebut guna pencapaian goal bersama.

Tumbuh dalam industry barbershop yang bisa dibilang masi muda ini, kami terus menjalin berbagai komunikasi dan kerjasama dengan semua pihak, baik dengan pelaku-pelaku bisnis yang sama maupun bisnis terkait, guna lebih memajukan semua stakeholder terkait dalam industry barbershop ini di Indonesia bahkan sampai ke tingkat Internasional.

Ditunjang dengan hal-hal diatas tentunya peluang bisnis Starsbox Barbershop menjadi rekomendasi pencarian bisnis zaman now dan memiliki nilai jual tersendiri, mengingat Starsbox Barbershop sudah tersohor dengan cabang yang tersebar diseluruh Indonesia dan ditopang dengan sistem manajamen yang handal.