FRANCHISEGLOBAL.COM, JAKARTA - Platform keuangan digital Dana mendukung inisiatif QR lintas negara (cross border) Bank Indonesia (BI).

CEO & Co-Founder Dana Indonesia Vince Iswara  mengatakan, implementasi ini selaras dengan visi Dana yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

“Ini sebagaimana prioritas strategis pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022).

Standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara telah menjadi agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara ini dimulai dengan resmi diimplementasikan oleh BI dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Interkoneksi QR Code antar Indonesia-Thailand ini diharapkan dapat menggerakkan transaksi lebih tinggi lagi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

Selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Inisiatif ini juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Terlebih, setelah kepemimpinannya di G20, Indonesia akan melanjutkan estafet kepemimpinan internasionalnya di ASEAN pada 2023.

Dalam perencanaannya, BI akan terus menambah akses interkoneksi di luar Thailand, termasuk dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.

Adapun pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA.

Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA, tentu dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

"Didukung teknologi inklusif dan platform ekosistem terbuka yang Dana miliki, kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna," jelasnya.

Di sisi lain, dalam mendukung akselerasi adopsi QRIS, Dana turut memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala, melalui kemudahan integrasi yang DANA miliki. DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500 ribu UMKM mitra Dana Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.