JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Pemerintah mengapresiasi sinergi para pelaku usaha di sektor waralaba dalam membangkitkan semangat serta perekonomian nasional di masa pandemi melalui gelaran Indonesia Franchise Forum-Bizfest 2021 yang berlangsung pada 7—13 Desember 2021. IFF-Bizfest 2021 terselenggara atas kerja sama Asosiasi Franchise Indonesia, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, serta didukung Kementerian Perdagangan.

Dengan sinergi tersebut, IFF-Bizfest 2021 berhasil mencatat total transaksi sebesar Rp35,9 miliar. Total transaksi terdiri atas transaksi festival belanja sebesar Rp6,5 miliar, transaksi potensial festival peluang bisnis sebesar Rp 25,7 miliar, dan transaksi riil sebesar Rp3,6 miliar. 

“Sinergi yang dilakukan melalui IFF-Bizfest 2021 ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam penyelenggaraan kegiatan ke depannya untuk mendukung peningkatan daya saing dan akses pasar bagi waralaba lokal, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dalam penutupan Indonesia Franchise Forum-Bizfest 2021 yang digelar di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Senin, (13/12).

Kesuksesan kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan nilai investasi, peluang bisnis, dan nilai transaksi dalam negeri di sektor bisnis lisensi dan waralaba, sehingga dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional. IFF-BizFest 2021 juga diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang kerja dengan semakin banyaknya pelaku usaha di bidang lisensi dan waralaba yang tercetak.

Sebagai puncak penyelenggaraan IFF–BizFest 2021, turut dilaksanakan BizFest Award sebagai bentuk penghargaan kepada para pelaku usaha yang selalu aktif dan berinovasi dalam menjalankan usahanya.

Adapun para pemenang BizFest Award 2021 yaitu, dari kategori Local Promotion Campaign; Bakmi Naga Resto, NCS, dan Roti Ropi; kategori Social Media Campaign; Black Kebab, Digikidz, dan Chicken Day; kategori Sales; Chicken Day, Ayam Gepuk Pak Gembus, dan Taman Sari Royal Heritage Spa; kategori Business Campaign; Bakmi Naga Resto, Black Kebab, dan Kane Fried Chicken; kategori Promising Business; Ayam Gepuk Pak Gembus, Erafone, dan The Daily Wash Laundromat.

“Selamat kepada para pemenang, semoga dapat terus berkontribusi positif bagi perekonomian melalui sektor waralaba. Bagi yang belum beruntung, tetaplah semangat dan terus berkarya melalui sektor waralaba. Mari kita terus gaungkan Gerakan Nasional ‘Ayo Berbisnis, Ayo Berbelanja, Ayo jadi Wirausahawan’ demi pemulihan aktivitas kemitraan melalui waralaba di Indonesia,” pungkas Oke.