Franchiseglobal.com - Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, dari tahun ke tahun Shop&Drive terus mengembangkan produk, layanan, hingga model bisnis terbarunya. Berlandaskan 5 pilar utama yaitu Trustworthy, Uniformity of Service, Quick & Reliable, Personalized dan Green Company, Shop&Drive senantiasa menjaga komitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan melakukan berbagai inovasi yang menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan, salah satunya dengan menghadirkan layanan dan produk terbaru seperti tune up dan brake cleaner (pembersih rem).

Sementara khusus para pengendara sepeda motor, Shop&Drive menghadirkan outlet Shop&Bike dan Bike’s Corner. Keduanya merupakan pusat perawatan sepeda motor yang melayani penggantian fast moving general parts, quick service, dan related service. Outlet khusus kendaraan roda dua milik Shop&Drive ini, melayani penggantian ban, aki, oli, shock  absorber, hingga fast moving general parts lainnya dengan produk asli dan berkualitas Astra, serta dengan layanan yang terpercaya dari mekanik handalnya.

Indra Nugraha Wisuda selaku PT Astra Otoparts Tbk/Retail Divison Head mengatakan perbedaan dari kedua model bisnis ini adalah, jika Shop&Bike berdiri sendiri menjadi satu outlet, lain halnya dengan Bike’s Corner yang dapat ditemukan di outlet Shop&Drive. Hingga saat ini, sudah ada 3 outlet Shop&Bike yang berlokasi di Tangerang, Bekasi, dan Depok, serta 13 outlet Bike’s Corner di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok,Tangerang, dan juga Bali.

“Tentunya di tahun-tahun mendatang, kami akan terus menggali kebutuhan konsumen agar dapat menjadi solusi nyata dan dapat memenuhi kebutuhan yang semakin hari semakin bertambah,” katanya kepada redaksi melalui pesan email, Selasa, (29/10/2019).

Indra menjelaskan saat ini banyak pemain baru di dunia ritel otomotif yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Namun Shop&Drive yakin masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri termasuk Shop&Drive, sehingga kami optimis dapat bersaing dengan baik dan mencapai tujuan Shop&Drive.

Tentunya berada di bawah naungan Astra Otoparts, konsumen tidak perlu ragu akan kualitas produk maupun layanan Shop&Drive yang pastinya terjamin keaslian dan kualitasnya. Memiliki garansi aki hingga 24 bulan, layanan Battery Home Delivery dan call center 24 jam, hingga layanan antar dan ganti oli (Oil Home Delivery), juga menjadi keunggulan kami untuk bersaing di pasar.

Terbukti Shop&Drive sukses menorah berbagai penghargaan bergengsi antara lain sebagai berikut;

- No.1 Franchise Choice Award 2019

- Indonesia Content Marketing Award (ICMA) 2019

- Indonesia Digital Popular Brand Award 2019

- The Best Contact Centre Award (Best Business Contribution) 2018 – Platinum

- The Best Marketing Campaign in Indonesia Franchise Marketing Award 2018

- Pemecahan Rekor Muri: Penggantian Aki Mobil Terbanyak oleh Kepala Toko Retail

Otomotif Modern 2018

- Anugerah Brand Indonesia 2018

- Indonesia Digital Popular Brand Award 2017

- Rekor Bisnis : Automotive retail chain that provides the longest battery warranty in

Indonesia 2017

- The Best Contact Centre Award ( Operations) 2017 – Gold

- Franchise Market Leader 2017

Indra melanjutkan dalam menentukan market share di kategori bisnis bengkel resmi, untuk saat ini belum ada survey atau perhitungan resmi banyaknya bengkel resmi, bengkel independen modern, dan toko-toko tradisional. “Jadi sebenarnya sulit untuk menentukan market share, namun jika dilihat berdasarkan jumlah store, Shop&Drive adalah yang terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia sebanyak 373 outlet hingga saat ini”.

Tentunya demi mempertahankan eksistensi brand Shop&Drive di era digital yang makin berkembang ini, kami selalu konsisten untuk melakukan 360 communication. Bagi kami, sangat penting untuk melakukan aktifitas pemasaran secara seimbang, baik konvensional maupun digital (online), karena kami merasa kedua bentuk pemasaran tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan harus dipadukan.

Di satu sisi untuk membangun brand di dunia digital sendiri, yang Shop&Drive lakukan adalah dengan membangun aset digital platform seperti media sosial, website, dan juga mobile app. Kami mengelola seluruh aset yang kami miliki dengan baik, agar konsumen dapat dengan mudah menjangkau kami untuk menjalin interaksi secara langsung. Selain itu, Shop&Drive juga melakukan aktifitas periklanan di youtube, facebook, instagram, dan juga bekerjasama dengan digital media lainnya.

“Dengan melakukan interaksi melalui media sosial, kami dapat mengetahui

kebutuhan yang sedang diperlukan konsumen. Saat ini Shop&Drive telah memiliki 373 outlet dan masih fokus mengembangkan bisnisnya di skala nasional. Sehingga kita masih membuka lebar peluang kerjasama,” tuturnya.

Bagi investor yang hendak bekerjasama, Shop&Drive menawarkan skema di luar tanah dan bangunan serta renovasinya, untuk mendirikan sebuah toko Shop&Drive sampai siap beroperasi dibutuhkan dana sekitar Rp 420 juta, dengan jangka waktu kerjasama selama 5 tahun.

Ke depan Shop&Drive memendang tantangan yang akan dihadapi adalah persaingan yang semakin ketat di industri ritel otomotif, akibat banyaknya pesaing baru yang mulai bermunculan. Namun, di tengah persaingan tersebut Shop&Drive yakin tetap bisa menjadi ritel otomotif terpercaya dengan selalu melakukan inovasi.

“Salah satu inovasi yang membedakan kami dengan pesaing lain adalah adanya layanan Battery & Oil Home Delivery, yaitu layanan antar dan ganti aki maupun oli dimanapun dan kapanpun. Konsumen cukup menghubungi Call Shop&Drive 15-000-15, setelah itu dapat dengan nyaman menikmati layanan tersebut. Inovasi ini kami lakukan agar dapat memberikan keleluasaan bagi pelanggan kami yang sibuk maupun malas terkena macet saat ingin mengganti aki ataupun oli,” tutupnya.[hfz]