Pasar Roto Rooter cukup luas, baik konsumen di perumahan dan Gedung- Gedung bertingkat tinggi di mana ada plumbing. Mereka menganggap kompetitor mereka adalah jasa sedot WC yang biasa iklannya terpajang di pohon atau tembok. Akantetapi Roto Rooter hadir dengan mengutamakan pelayanan service yang lebih baik dan sesuai standar ISO.

“Kita akan terus memberikan nilai lebih melalui pelayanan yang baik kepada costumer, hal itu diiringi dengan peningkatan mutu kerja team Roto Rooter melalui training- training yang sesuai standar,”  ujar General Manager PT Roto Rooter Perkasa, Iwan Chaspuri usai menerima Sertifikat ISO 9001:2015 dan Sertifikat ISO 45001:2018 di kantor Roto Rootor, Jakarta, Selasa, (9/4/2019).

Bisnis ini akan selalu dibutuhkan selama masyarakat masih makan, maka pasti akan ada sisa yang dibuang dan hal itu harus di manage kalau tidak maka bisa menyebabkan sumbatan. Sehingga bisnis Roto Rooter dari tahun ke tahun selalu tumbuh.

Belum lama ini Roto Rooter mengadakan meeting ke dua nya di Bali dengan seluruh franchiseenya yang ada di Indonesia, di dalamnya membahas inovasi di digital marketing. Roto Rooter sendiri terus bergerilya di sosial media dalam promosinya selama lima tahun belakangan ini.

Iwan menjelaskan untuk mendirikan franchise, Roto Rooter melihat satu wilayah yang dapat tumbuh di sana dengan potensi populasi jumlah penduduk, banyaknya perhotelan, mall, Gedung- gedung, restaurant dan perumahan.

Adapun nilai investasi Roto Rooter melihat dari territorial suatu wilayah, salah satu kota yang berpotensi ada di Medan diperhitungkan mencapai Rp250- 300 juta untuk franchise fee dalam kurun waktu 5 tahun, adapun total keseluruhan investasi dengan diperlukan transportasi dan peralatan mencapai Rp600 juta.

“Royalty fee 8 % dari omzet, adapun balik modal di hitungan 3 tahun tergantung wilayah dan keaktifan franchisenya. Untuk pengajuan franchise, Roto Rooter akan meninjau lokasi. Jika cocok marketnya maka akan kita lepas, wilayahnya harus terjangkau dari konsumen dalam jangka waktu maksimal 2-3 jam harus datang,” tutupnya. [hfz]