Robotics Education Centre (REC) menyelenggarakan kembali Robotics National Competition yang ke-11 sejak tahun 2006. Acara yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi REC di seluruh Indonesia, serta ditambah dengan partisipasi perwakilan beberapa sekolah, mulai dari usia 4-18 tahun (usia TK-SMA).

Acara yang diselenggarakan di Main Hall Mall Of Indonesia, Kelapa Gading dari tanggal 15-17 April 2016 ini diikuti oleh 19 cabang REC diseluruh Indonesia dengan jumlah peserta mencapai 400 dengan tema “Save Our Habitat”.

“Tujuan dari acara ini kami mau semua siswa khususnya siswa REC bisa menyalurkan kreatifitas mereka. Kemudian bisa mengasah kemampuannya, dan mampu melatih kepercayaan dirinya dalam berkompetisi. Selain itu kami juga ingin menyaring siswa berbakat untuk dapat mewakili di kompetisi tingkat nasional maupun tingkat internasional,” imbuh Yudi Mintoro Sumali, Owner Robotics Education Centre.

Yudi mengatakan, acara Robotics National Competition tidak hanya diikuti oleh para siswa-siswa REC saja, tetapi juga dibuka perlombaan untuk umum yang bisa bersaing memenangkan berbagai macam hadiah menarik. “Jika tahun sebelumnya, pemenang hanya mendapatkan voucher senilai Rp 500-2,5 juta. Di tahun ini kami memberikan uang cash dengan kisaran yang sama,” paparnya.

Lanjut Yudi, acara Robotics National Competition di sponsori oleh LEGO Education Indonesia, Energizer Battery, Mall Of Indonesia, PT. Indonesia Raya, Simas Card dan Kitchen Magic ini memiliki 7 kategori perlombaan. Seperti Mosaic-Rare Animals menyusun LEGO Brick membentuk hewan gajah dan kura-kura untuk 1, 2, dan 3 dimensi untuk usia 4-6,5 tahun.

FWM-Javan Hawk-Eagle membuat sebuah robot berbentuk hewan elang dengan menggunakan LEGO Duplo untuk usia 4-8 tahun. FWP-Save the Turtles membuat sebuah robot kura-kura dan memprogram dengan menggunakan Wedo Sofware usia 8-9 tahun. Elementary-Turtle Conservation merangkai robot yang mampu mengambil dan mengumpulkan 4 objek dalam sebuah arena untuk usia 10-12 tahun. Junior-Seeding merangkai robot yang mampu mengambil dan mengumpulkan objek dalam sebuah arena dengan usia dari 13-16 tahun. Dan terakhir Senior-Water Purification System membuat robot yang mampu menjernihkan air dengan menggunakan alat-alat LEGO usia dari 14-18 tahun.

“Kedepan, kami akan lebih mewadahi para siswa-siswi REC agar  bisa lebih meningkatkan mental serta kreativitasnya. Dan juga dari kompetisi ini untuk menyaring para siswa-siswi REC yang berbakat untuk dapat mewakili kompetisi tingkat nasional (Indonesian Robotic Olympiad-IRO 2016) pada bulan September di Surabaya, serta kompetisi Internasional (World Robot Olympiad-WRO 2016) pada bulan November 2016 di India,” pungkas Yudi yang berharap dari para siswa-siswi REC bisa memenangkan  kompetisi tersebut.

Info Franchise Robotic Education Centre bisa langsung klik Franchise Robotics