Franchiseglobal.com – Ekspansi pasar busana muslim di Indonesia kian besar. Salah satu brand yang sedang berkembang pesat di tahun 2019 ini adalah busana muslim Nibra’s. Sampai dengan bulan November ini ekspansi gerainya mencapai 218 gerai dan ini ditempuh dalam waktu kurang dari 2 tahun. Semuanya tersebar di beberapa kota di Indonesia, di tahun 2020 Nibra’s menargetkan ekspansi ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Teuku Ikhsan Sabyan selaku Marketing Manager Nibra’s House mengatakan perkembangan ini menjadi nilai bahwa Nibra’s diterima oleh masyarakat luas termasuk kalangan artis. Hal ini lantaran karena memang produknya berkualitas namun memiliki harga yang cukup terjangkau dikisaran Rp180- Rp350 ribu. Bahkan dalam waktu dekat ini Nibra’s juga akan meluncurkan produk unggulannya yakni Sarimbit (seragam baju keluarga) dengan tagline #Sarimbitkeluargabahagia.

Mengapa taglinenya seperti itu, karena untuk menciptakan kebahagiaan itu berawal dari keluarga jadi jika keluarganya sudah Bahagia maka Insyaallah kehidupan sosial di lingkungan di luar keluarga juga turut berbahagia.

“Puji syukur dengan tercapainya 218 toko ini, Nibras dapat menyaingi kompetitor- kompetitor yang lain. Di mana rata- rata mereka itu untuk bisa mencapai 200 toko membutuhkan waktu 3- 4 tahun. Uniknya lagi dari semua 218 toko Nibra’s itu tidak ada yang dimiliki oleh pusat melainkan seluruhnya 100% milik mitra,” katanya kepada Franchiseglobal.com melalui sambungan telephone, Rabu, (20/11/2019).

Dia menjelaskan Nibra’s pusat akan selalu mensupport seluruh mitranya, salah satunya dengan layanan costumer service ketika ada calon konsumen hendak memesan produk maka akan diarahkan ke toko Nibras mitra terdekat. Sehingga pusat fokus pada produksi, distribusi dan marketing.

Untuk produknya diantaranya ada baju anak kecil, busana laki- laki ada koko, gamis laki dan busana wanita ada tunic, hijab, gamis dan lainnya. Nibras juga melahirkan beberapa brand di bawahnya yakni Hay- Hay, Youth Inspire, Alnita (untuk sport & casual) dan Nibra’s Hijab.

“Dalam perkembangannya Nibras mengelola bisnisnya dengan mendirikan management- management di setiap sub brand dan bidang,” tuturnya.

Peluang kemitraan yang diluncurkan oleh Nibra’s terdiri dari beberapa level konsep kemitraan yakni Nibra’s House Maxi, Nibra's House Midi dan Nibra's House Miki serta Mini. Level ini berdasarkan ukuran luas toko dan juga level distributornya dengan nilai investasi yang berbeda. Untuk investasi NHS Maxi senilai Rp500 juta belum termasuk sewa tempat, untuk konsep lain tentu jauh lebih terjangkau investasinya karena dipengaruhi luas toko dan stok produk.

Investasi ini berlaku untuk selamanya, di dalam masa kerjasama tersebut akan ada penilaian- penilaian khusus karena Nibra’s mengadakan program- program untuk setiap toko. Salahsatunya program reward The Best Nibra’s House, The Best Service dan lainnya.

“Kita menargetkan di tahun 2020 nanti Nibra’s bisa mencapai 300- 400 toko melihat peluangnya yang cukup besar. Untuk wilayah Jawa Barat saja belum tersentuh semua, beberapa kota belum ada, di Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur juga belum terjangkau. Prinsip kita berbisnis di fashion muslim ini tidak semata soal bisnis, melainkan ada nilai dakwah, bagaimana kita menyampaikan kebaikan dan mengajak masyarakat untuk berbusana yang baik,” kata Ikhsan.

Saat ini Nibras juga sedang mempersiapkan produk fintech (produk premium) yang limited edition dengan harganya pun kisaran jutaan karena memang menggunakan bahan berkualitas, design yang limited dan memiliki tema khusus.

Strategi marketing yang aktif di sosial media dan tradisional membuat nama Nibra’s semakin dikenal. Di setiap outlet mitra pun memiliki akun sosial media tokonya masing- masing, jadi ketika pusat memposting update terbaru maka mitra pun serentak mempostingnya.

Alhasil perjalanan Nibras pun sukses menghantarkan mereka mendulang banyak prestasi di antaranya OMNI Award dari MARKPLUS, No 1 Franchise Choice Award dan banyak lagi. Nibra’s juga sedang mengajukan untuk mendapatkan Rekor Muri sebagai satu- satunya brand busana muslim kurang dari 2 tahun dapat membuka 218 toko.

“Kita berharap produk Nibra’s benar- benar dapat diterima masyarakat dan tidak hanya diterima namun juga ada di hati masyarakat Indonesia. Percuma kalau diterima namun dilupakan. Kita juga akan terus membuka market, sebab apabila mitra berkembang maka nama Nibra’s juga menjadi besar,” tutupnya. [hfz]