Franchiseglobal.com - Rekam jejak para pelaku bisnis franchise di Indonesia ikut menentukan berhasil atau tidaknya ekspansi bisnis waralaba di pasar global. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum AFI, Andrew Nugroho dalam siaran pers yang diterima Franchiseglobal.com di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

Menurut dia, pebisnis waralaba harus memiliki manajemen yang baik. Mulai dari sisi kualitas, keuangan sampai sisi legalitas dari bisnis tersebut.

"Aspek legalitas ini juga penting terkait dengan lisensi karena sebuah waralaba sudah pasti mencakup lisensi tetapi lisensi belum tentu waralaba," kata dia.

"Lisensi adalah persoalan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dimiliki oleh lisensor. Lisensi tidak hanya menyangkut merek atau brand tetapi bisa juga lisensi teknologi, hak paten, perangkat lunak, dan lain-lain," sambungnya.

Sementara menurut Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Susanti Widjaya, lisensi di Indonesia harus lebih diberdayakan dan dikembangkan karena Indonesia kaya dengan inovasi dan kreativitas.

“Semoga kehadiran ASENSI sebagai wadah organisasi pertama di Indonesia akan memberdayakan lisensi, khususnya di sektor produk dan jasa di Indonesia,” terang Susanti.