Franchiseglobal.com – Ramadhan dan Lebaran akan menjadi momen yang sangat penting untuk para pelaku bisnis dalam menjajakan bisnisnya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Evi Diah Puspitawati dalam pesan singkatnya pada Franchiseglobal.com, Senin (28/5/2018).

“Saat hari besar seperti Ramadhan dan Lebaran pasti akan banyak yang memanfaatkannya. Bisnis-bisnis yang related pada event tersebut akan ramai karena demand memang sedang tinggi,” terang perempuan yang akrab disapa Evi itu.

Namun menurut Evi, hal itu tidak ada hubungannya dengan bisnis franchise. Karena menurutnya, bisnis franchise bukanlah bisnis yang tiba-tiba atau muncul dadakan.

“Ramadhan dan lebaran itu hanya salah satu siklus dalam perjalanan bisnis,” ujarnya.

Lantas, apakah bisnis momentum seperti itu bisa bertahan lama dan cocok untuk dijadikan pilihan bisnis?

“Waktu yang akan membuktikan apakah bisnis akan gagal, bertahan atau berkembang. Sebaiknya waktu mulai membangun bisnis sudah dipersiapkan dan diperhitungkan dng serius untuk jangka panjang,” katanya.

Menurut Evi, tidak ada yang salah dalam berbisnis. Jadi, katanya, sah-sah saja ketika orang mau berbisnis dalam jangka pendek, jangka panjang atau hanya memanfaatkan situasi saja.

“Kembali lagi, semuanya itu tergantung tujuan utama membuat bisnis,” katanya.

“Berbisnis harus siap dengan persaingan, bagaimana memenangkan persaingan itu yang harus dipikirkan,” pungkasnya. [ded]