Franchiseglobal.com - Perkembangan bisnis kuliner memang tiada matinya, ia akan selalu lahir dan tumbuh. Pertumbuhan itu juga ditunjang dari sistem waralaba yang dilakukan oleh pemilik usaha. Salah satu merk usaha yang sedang menjamur adalah Bakso Aci. Belakangan didapati gerainya telah hadir di luar kota Bandung, seperti Jakarta dan wilayah lainnya.

Sosial media tentu menjadikan berbagai informasi dapat viral dengan cepatnya, hal itu lah yang dirasakan oleh Fery Ary Nugroho pemilik Bakso Aci Gadis. Fery mengolah makanan khas kota kembang, bakso cuanki yang dipadukan dengan bahan tambahan seperti aci, ceker, pilus, siomay, dan tahu, sehingga memantik rasa penasaran banyak orang.

"Kebanyakan penggemar bakso aci adalah para millenial. Karena, lidah mereka cocok dengan rasa bakso aci yang pedas dan gurih. Harga seporsinya mulai Rp 20.000 sampai Rp 25.000," katanya dikutip melalui Kontan.co.id.

Ferry mengungkapkan dirinya baru membuka gerai tiga bulan lalu dengan omset sudah mencapai ratusan juta per bulannya.

Berbeda dengan Leo Chandra Kumara, pemilik Baso Aci Juara. Dia  menilai makanan ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat. Sehingga tidak heran bila gerai bakso aci kian menjamur.

Menurutnya, masyarakat menyukai makanan ini karena isiannya yang beragam. Dalam semangkok bakso aci berisi aci, bakso daging, cuanki, tahu, siomay, dan lainnya.

Leo mematok harga setiap porsi bakso aci mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000.  

Selain itu, bakso aci berhasil menciptakan pasar sendiri, sehingga usaha ini bisa terus tumbuh. "Tingkat penjualan di beberapa gerai baru naik terus sedangkan di gerai lama selalu stabil," jelas Leo.

Sekedar info, total gerai Bakso Aci Juara ada sekitar 85 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Potensi usaha masih bagus, pengusaha tambah gerai baru

Usaha bakso aci sedang naik daun, para pengusaha bakso aci getol menambah gerai baru. Untuk mempercepat ekspansi usaha, mereka menggunakan sistem franchise. 

Ferry berencana akan merilis penawaran kerjasama Bakso Aci Gadis bulan depan. Saat ini dia bersama tim sedang dalam tahap finishing.

"Saya targetkan bisa buka 200 gerai sampai akhir tahun 2020," katanya. Sampai sekarang, Ferry baru mempunyai satu outlet Bakso Aci Gadis.

Seolah tidak ingin kalah, Leo memasang target memiliki 150 gerai sampai akhir tahun 2019. Dia mengatakan sudah ada 10 gerai baru yang akan segera dibuka. Sayangnya, dia enggan mengatakan lokasi pembukaan gerai barunya.

Untuk menjaga usahanya agar tetap eksis Leo rajin melakukan inovasi produk. Baru-baru ini dia meluncurkan menu baru yakni bakso aci indomie series.

"Saya memadukan kuah khas indomie dengan topping bakso aci yang bermacam-macam," katanya.