JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Menjadi seorang wirausahawan belakangan ini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat diminati masyarakat.

Salah satu buktinya, sekarang ini usaha bisnis seperti franchise semakin menjamur. Bisnis franchise dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan utama, atau pendapatan sampingan.

Pasalnya, bisnis model franchise tergolong mumpuni dan bahkan dapat dijalankan meski seseorang hanya mempunyai modal yang sedikit.

Atau dengan kata lain, si pemilik model tinggak menyesuaikan saja harga untuk membeli sebuah franchise dengan banyaknya modal yangdimiliki.

Meskipun begitu, setiap bisnis pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali dengan bisnis franchise, bisnis model ini juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini akan kita ulas secara singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise.

Kelebihan:

1. Ada Pelatihan
Sebagai investor kita akan diberi pelatihan dasar tentang segala hal pada bisnis yang kita modali. Contohnya, jika memilih bidang kuliner, kita akan diajari cara membuatnya, proses menghidangkan, dan juga strategi penjualannya.

2. Disiapkan Kebutuhan Produksi
Kelabihan kedua, adalah kita sebagai investor diberikan semua kebutuhan untuk membuat produk bahkan hingga ke peralatannya si franchisor.

Biasanya, mereka (si franchisor) memiliki standar yang tinggi pada produknya, maka dari itu biasanya bahan pokok hingga peralatannya harus sama dengan yang mereka gunakan.

3. Produk Sudah Populer
Kelebihan lain bisnis ini biasanya produk yang disediakan franchisor merupakan produk yang sudah populer, sehingga investor tidak perlu repot untuk mengenalkan produknya.

Kelemahan:

1. Bukan Hak Milik
Kelamahan bisnis ini yang pertama adalah bisnis yang kita jalani bukanlah milik kita sepenuhnya. kita hanyalah seorang investor yang artinya bisnis yang kita jalani tetaplah milik franchisor atau pemilik merek.

2. Tidak Bisa Pindahtangankan Usaha
Dengan kenyataan di atas atau bisnis franchise bukan halk milik tentunya kita atau investor tidak dapat memindah tangankan usaha tersebut.

3. Untungkan Franchisor
Berinvestasi pada bidang usaha franchise pada hakikatnya berarti si investor harus rela menguntungkan pihak franchisor karena dasar bisnis franchise ini adalah bisnis kemitraan.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis franchise, akhirnya semua tergantung pada Anda pribadi apakah ingin menjalani bisnis ini atau meninggalkannya?

Yang jelas selalu akan ada kelebihan dan kekurangan dalam segala sesuatu.