Gathering WALI sendiri Ketua Perhimpunan WALI sekaligus Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan, Levita Supit yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) WALI, Tri Raharjo dan juga Franchise Consultant International Franchise Business Management (IFBM), Burang Riyadi.

Dalam kesempatan itu, Levita mengungkapkan bahwa bisnis waralaba harus terus dilakukan pembaruan, untuk itu Perhimpunan Wali terus berupaya memberikan pengetahuan melalui pertemuan dan diskusi.

“Usaha bisnis waralaba harus terus di update. Lewat acara yang diselenggarakan kali ini semoga masyarakat yang datang dapat mendapatkan pengetahuan dan membawa bisnis serta menghadirkan bisnis baru sekaligus enterpreneur baru,” ujarnya di acara Gathering Perhimpunan WALI di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018) kemarin.

Sementara Burang Riyadi mengatakan bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah upaya untuk membuat mitra menjadi berkembang dan sukses.

"Tujuannya adalah bagaimana mengelola franchise dengan baik, itu dilakukan untuk membuat mitra kita sukses dan berkembang. Untuk itu kita harus mendukung hingga mengelola dan mengembangkan bisnis waralaba. Terkait kiat-kiat mengelola mitra untuk sukses dan berkembang adalah memilih mitra yang cocok dan memahami arah bisnis yang dipilih dan dijalankan,” ungkap Burang.

Selain itu Tri Raharjo menambahkan bahwa yang harus dilakukan dalam menjalankan suatu bisnis franchise adalah dengan mengetahui konsep franchise yang ada di Indonesia sekaligus memiliki wawasan global.

“Kita harus banyak belajar konsep franchise di Indonesia. Itu dilakukan guna membantu mengembangkan bisnis. Selain itu kita harus memiliki wawasan global untuk terus menghadirkan menu bisnis dan model bisnis yang menarik,” ujarnya.

Kedepannya Perhimpunan Wali akan terus mengedukasi dan memberi pembekalan guna terciptanya suatu bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat sekaligus membantu perekonomian di tanah air. [ded]