Franchiseglobal.com - Bisnis fried chicken seakan tak pernah luput oleh waktu dan belum tergoyahkan di saat beragam waralaba kuliner kekinian bertaburan di Tanah Air. Salah satunya, Orchi Chicken sebuah brand yang telah hadir selama 10 tahun dengan sistem kemitraan. Terbukti di bulan November ini saja Orchi sukses menambah 7 outlet barunya.

Eko Arif Setiawan selaku Owner Orchi Chicken mengatakan selama bulan ini Orchi hadir di beberapa kota, rata- rata banyak dari mitra berada di luar kota seperti di Kalimantan. Pertumbuhan bisnis ini akan terus bertambah melihat banyak prospek yang diterima oleh Orchi, artinya nama Orchi sudah cukup dikenal besar oleh masyarakat.

"Kita lihat masih banyak yang berminat untuk bergabung, beberapa dari mereka hadir langsung ke kantor atau bertanya melalui pesan Whatsapp. Saya melihat branding kita cukup menarik minat masyarakat Indonesia melalui sosial media atau online," katanya kepada Franchiseglobal.com di kantornya, Selasa, (26/11/2019).

Dia menjelaskan Orchi memberikan kebijakan khusus untuk mitranya yang berada di luar pulau, sehingga dapat meminimalisir biaya ongkos kirim namun bahan baku tetap diambil dari pusat. Untuk kelanjutan bisnis, tentu sebelum menjalankan bisnisnya mitra mendapatkan training lengkap.

"Kita selalu pantau mereka, segala prosedur harus dijalankan dan untuk cita rasa pun mitra harus mengirimkannya ke pusat. Kesinambungan komunikasi ini kita jalankan guna menjaga cita rasa dan nama baik Orchi Chicken," ujarnya.

Keberadaan outlet Orchi di berbagai kota tidak dipungkiri dapat bersaing dengan kompetitor di bisnis fried chicken dan bahkan bisa menguasai pasar di wilayahnya. Mitra pun diberikan kebebasan dalam marketing untuk meningkatkan penjualan selama sesuai prosuder, bahkan pusat pun mensupport dari segi design banner atau spanduknya.

Eko mengungkapkan strategi Orchi untuk tetap sustain dan berkembang yakni dengan memaintenance mitra- mitra yang ada. Dari sisi promosi online, Orchi pun cukup masif dengan strategi promosi yang terbaik dari segi foto maupun video seprofesional mungkin.

"Walaupun kelasnya gerobakan tapi kalau standarnya ya standar restoran- restoran di mall," tuturnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, tak ayal Orchi di bulan November ini dinobatkan sebagai Top Business Opportunity 2019. Lebih kurang selama 10 tahun hadir, semoga Orchi dapat tetap eksis baik secara offline maupun online.

Hingga menjelang penghujung tahun 2019, setidaknya Orchi sukses mencapai 80% dari target yang ditetapkan. Secara brand image dan track record pun cukup terjaga dengan baik, masyarakat Indonesia masih sangat berantusias sehingga ini bisa dianggap merupakan prestasi.

"Kinerja sepanjang tahun 2019 ini cukup sesuai standar. Untuk 2020 tentunya akan ada gebrakan baru yang lebih menarik dari Orchi Chicken. Sebab kita lihat pasar fried chicken mulai ramai dan orang bisa jenuh, jadi kalau tidak melakukan inovasi menarik maka bisa turun," tutupnya. [hfz]