FRANCHISEGLOBAL.COM-Nasi Mandhi, sajian khas Jazirah Arab menjadi salah satu makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Tekstur daging kambing yang lembut dengan aroma rempah khas berada dalam satu loyang besar menciptakan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Dinamakan Nasi Mandhi karena dalam bahasa Arab, “Mandi” atau “Mandhi” bisa diartikan sebagai embun. Alasannya karena teknik memasak yang digunakan membuat tekstur daging kambing sebagai lauk Nasi Mandhi ini sedikit lembab dan basah, sehingga terlihat seperti berembun.

Kuliner khas Timur Tengah semakin mudah ditemukan di Jakarta. Salah satu restorannya adalah Nasi Mandhi BosGil merupakan salah satu restoran khas Timur Tengah yang menyajikan Nasi Mandhi dengan cita rasa yang autentik dan lezat.  Selain itu, daging yang digunakan juga dipilih dengan teliti sehingga memberikan rasa yang empuk dan lezat pada hidangan.

Asmi Ramadhan SH Etr, Owner Nasi Mandhi BosGil mengatakan awal mula mendirikan restoran khas Timur Tengah ini lantaran ramai nya resto yang menjual nasi kebuli. Menurutnya nasi kebuli ini berbeda dengan nasi Mandhi. Adapun perbedaan yang pertama, dari soal warna. Warna nasi mandhi lebih putih dan sebagian kuning dari safron. Sedangkan, nasi biryani cenderung lebih kuning kecokelatan.

“Nasi Mandhi ini berbeda dengan Nasi kebuli/biryani yang asalnya dari India, pertama kali datang di Indonesia itu nasi biryani, dan seiring berkembangnya waku berubah menjadi nasi kebuli. Dari segi bumbu rempah yang ada di nasi Mandhi ini lebih soft, kalau nasi kebuli bumbunya lebih terasa rempah dan lebih kental. Dan di nasi Mandhi BosGil ini bisa dinikmati semua kalangan, dari anak-anak bahkan orang-orang yang tidak suka dengan nasi kebuli,” paparnya.

Nasi Mandhi BosGil sendiri memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta (Condet), Tangerang (Karawaci), Surabaya (Pagesangan), Surabaya (Ampel), Sidoarjo, Bandung (Buah batu), Bandung (Kota). Meski bisa dipesan melalui layanan aplikasi makanan online, tak mengurangi cita rasa khas Timur Tengah yang lezat dan autentiknya. Restoran ini juga menawarkan pelayanan yang ramah dan cepat sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan puas.

Harga menu yang ditawarkan juga terbilang sangat terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 800 Ribu (Untuk menu Loyang) customer pecinta kudapan Timur tengah sudah bisa menikmati seporsi nasi mandhi dan ayam panggang khas Timur Tengah yang mengguncang lidah. Selain itu, mereka juga menawarkan banyak menu paket yang bisa dinikmati ramai-ramai dengan pilihan harga yang juga terjangkau.

Meski restoran ini baru berdiri pada 2021 di karawaci Tangerang, sudah mendapatkan respon yang cukup baik dan sangat di terima masyarakat. Terlebih lagi untuk kalangan anak-anak. “Paradigma makanan Timur Tengah di Indonesia sangat jarang di terima lantaran nasi mandhi/kebulinya sangat tajam rempahnya, di restoran kami sangat berbeda, bahkan yang tadinya tidak suka akan aroma nasi kebuli pada umumnya. Di Nasi Mandhi BosGil ini sangat berbeda ini merupakan kelebihan kami,” ungkap Asmi.

Sebagaimana kita ketahui di resto ini menyediakan menu Nasi mandhi, ayam dan kambing. Untuk menu ayamnya sendiri diolah dengan resep panggang classic yang dipaduan dengan bumbu dunia dari 4 negara. Pertama ada dari Amerika dengan bumbu smoke-nya, kedua bumbu dari Indonesia dengan berbagai macam racikan bumbu nusantara, dan ketiga adalah bumbu wajib dari negara asalnya yaitu Timur Tengah dan keempat bumbu dari Eropa seperti origano dan thyme.

Adapun Kelebihan resto ini memberikan sajian khas Timur Tengah dengan kualitas terbaik dan premium. Menu favorite di resto ini adalah nasi mandhi ayam panggang yang disuguhkan tanpa menggunakan MSG, tak hanya itu di Nasi Mandhi BosGil ini juga menyediakan menu loyangan yang bisa dinikmati oleh keluarga dan paling laris di Nasi Mandhi BosGil. Tak hanya di makan di tempat menu loyangan ini juga bisa dijadikan untuk oleh-oleh atau bingkisan keluarga maupun kerabat.

Bicara Fasiilitas yang ditawarkan di Nasi Mandhi BosGil Cabang Condet ini adalah parkiran motor dan mobil luas, ruangan VIP, ruangan Meeting, Smoking Area. “Menariknya di Restoran Nasi Mandhi BosGil cabang Condet ini fasilitas ruangan VIP bisa di booking dengan tanpa syarat minimum pembelian, ini salah satu kelebihan fasilitas di resto kami,” ujar Asmi.

Nasi Mandhi BosGil sendiri mengedepankan makanan sehat. Hal ini ditandai dengan bahan baku utamanya yakni beras basmati yang premium rendah kalori, kandungan nol gula dan untuk lauk seperti ayam dan kambing pun lebih sehat karena bebas kolestrol.

Selain itu Nasi Mandhi BosGil juga menawarkan peluang bisnis kemitraan Auto Pilot. Sistim kemitraan ini bertujuan untuk memudahkan para mitra. Mitra hanya cukup menyediakan dana dan lokasi usaha dan promosi ke seluruh relasi yang ada.

“System kerja sama yang kami tawarkan ini kerja sama operator dengan pembagian 50% mitra, 50 % operator, untuk yang mengelola dari pihak pusat,” kata dia.

Dengan investasi Rp 2-5 Miliar, semua tergantung dari lokasi. Adapun tim survey akan melihat kondisi dan traffic di lokasi yang di tawarkan oleh calon investor/mitra. Dari sinilah akan ada biaya estimasi dan progress dana yang akan di investasikan.

“Jika ada calon investor yang berada di luar pulau akan dikenakan biaya survey mulai dari Rp 10 juta, tim pusat akan terjun ke wilayah anda mencari lokasi yang bagus untuk Nasi Mandhi BosGil, “ jelasnya.

Sebagai tambahan informasi mitra tidak melakukan teknis apapun, mitra hanya melakukan pengawasan saja, adanya pembelian bahan baku tak perlu khawatir karena Nasi Mandhi BosGil juga menyediakan central kitchen pusat di Tangerang, dari central kitchen akan mendistribusikan ke cabang-cabang Nasi Mandhi BosGil.