Franchiseglobal.com – Memasuki tahun 2020, masyarakat Indonesia dirahmati oleh musim hujan. Nah di cuaca ekstrim ini para pembaca ingin ikut tim minuman dingin atau hot? Agar anda tidak bingung memilih, Franchiseglobal.com mencoba merekomendasikan berbagai bisnis minuman baik yang dingin maupun hot.

Berikut beberapa bisnis minuman yang sedang hits dan dapat menghatarkan cuan walau diterpa berbagai musim. Diantaranya sebagai berikut;

Tim Dingin

  1.        Kopi Kangen

Kopi Kangen besutan William Heuw dan Chris Erlando sejak Februari 2019 lalu. Kedai kopi kekinian yang berkibar di bawah bendera PT Karya Generasi Milenial rupanya tak butuh waktu lama untuk bisa diterima pasar. Bahkan sejak pertama kali membuka peluang kemitraan pada Juni 2019 lalu, hingga kini, Kopi Kangen sudah memiliki 27 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Bali dan Jambi.

“Target kami di tahun 2020 itu minimun bisa membuka sebanyak 100 gerai. Dimana sekitar 25 persennya harus masuk mall-mall yang ada di lima Jakarta, seperti Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” kata William saat dihubungi FRANCHISEGLOBAL.COM via telepon, Jumat (27/12).

William menuturkan, untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kopi Kangen dibutuhkan nilai investasi sebesar Rp120 juta dengan masa kerjasama tiga tahun. Nilai tersebut untuk keperluan lisensi, mesin kopi dan bahan baku awal.

 

  1.        Viral Thai Tea

Minuman teh ala Thailand yang disebut Thai tea ini adalah salah satu menu yang terkenal  saat ini, dengan keunikan dan berbagai rasa yang dimiliki membuat masyarakat penasaran  untuk mencobanya

Franchise teh dari Thailand cukup populer sebagai jenis franchise minuman. Bahkan,  hingga saat ini, minuman tersebut masih jadi favorit masyarakat Indonesia.

Diantara berbagai waralaba/kemitraan/ FRANCHISE THAI TEA populer yang ada di  Indonesia, Viral Thai Tea merupakan usaha yang menyediakan berbagai macam menu original  thai tea atau teh dengan racikan dan penyajian dari thailand. Menggunakan bahan baku  terbaik dan diolah dengan teknik tradisional untuk menjaga keaslian cita rasa tehnya.

  1.        Green Coffee

Bisnis kopi kekinian Green Coffee boleh dibilang menjadi salah satu peluang bisnis yang wajib dilirik oleh calon investor di tahun 2020 nanti. Bukan hanya dari nilai investasinya saja yang terbilang cukup terjangkau, tapi juga cita rasa kopi yang berkualitas serta mengusung konsep Coffee to Go.

“Ini adalah konsep jualan kopi dengan kedai sederhana yang dimana pembeli umumnya membeli kopi untuk dibawa sebagai teman perjalanan atau dibawa pulang (take away),” kata Owner Green Coffee, Franz Budi Pranata.

  1.        Sop Durian Durio

Hallo durian lovers, siapa tak kenal dengan Sop Durian Durio. Manager Marketing PT Sop Durian Durio, Wage Santoso mengatakan di tengah perekonomian Indonesia yang lesu patut disyukuri Sop Durian Durio masih hadir menyapa pelanggan setianya. Harapannya dengan berbagai inovasi yang diberikan, pecinta Sop Durian akan lebih meningkat kembali.

Terkait dengan peluang usahanya, pihaknya masih menawarkan peluang kemitraan dengan nilai investasi Rp7,5 juta. Ada banyak alasan kenapa harus menjadi mitra Durio, salah satunya adalah dimana bisnis ini 100 persen asli brand lokal Indonesia. Selain itu segmen pasarnya luas dan juga masih sedikit kompetitornya.

  1.        Ice Manias

Bagi pecinta ice cream pasti sudah tidak asing dengan merk satu ini, yakni Ice Manias. Owner Ice Manias Indonesia, Ricky Fernando mengatakan Ice Manias merupakan Franchise dari Thailand yang benar-benar asli, bukan abal-abal apalagi ngaku-ngaku dari Thailand padahal buatan lokal.

“Hingga kini Ice Manias hadir di 5 negara; Indonesia, Thailand, Myanmar, Laos dan Kamboja,” katanya kepada Franchiseglobal.com Senin, (21/10/2019).

Franchise Ice Cream masih terbuka lebar di Indonesia, Ice Manias sendiri memiliki banyak kelebihan dari soal rasa yang memiliki banyak varian, terbaru ada rasa sakura dan manga. Selain itu ada lima alasan pembaca harus memiliki bisnis ini diantaranya aman untuk kesehatan, hemat waktu antrian, hemat listrik, hemat biaya maintenance dan mitra dapat memantau penjualan melalui online.

 

Tim Hot

  1.        Kopi Oey

Salah satu brand yang cukup ternama adalah Kopi Oey, terbukti hingga kini brand yang diwariskan oleh Bondan Winarno ini telah memiliki 16 gerai yang tersebar di wilayah Indonesia.

Toni Assya, Operation Manager Kopi Oey mengatakan perkembangan bisnis Kopi Oey so far masih cukup baik. Beberapa pengembangan dilakukan utamanya soal menu, hal ini melihat perkembangan zaman, trend masa kini dan pangsa pasar.

  1.        Coffee Toffee

Yunan Yunanto selaku Expansion Manager at PT. Coffee Toffee mengatakan visi misi Coffee Toffee adalah ingin mengembangkan kopi tradisional Indonesia dengan mengajak orang- orang bermitra dengan Coffee Toffee. Harapannya agar brand lokal menjadi brand yang kuat dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Bagi investor yang berminat untuk berbisnis Coffee Toffee yang menjanjikan ini, sebagai informaso untuk gerai premium dengan model coffee shop yang cukup luas, memiliki nilai investasi Rp2,5 miliar.  Selain itu ada juga gerai dengan skala lebih kecil tipe coffee shop dengan nilai investasi antara Rp1,5 miliar diluar tempat, dengan luasan min. 150m2 (tidak termasuk parkir).

  1.        Kedai Kopi Kapal Api

Salah satu Brand yang sudah tidak asing dengan kualitas kopinya adalah Kopi Kapal Api, brand di bawah naungan PT. Santos Jaya Abadi ini pun kemudian mengembangkan bisnisnya dengan membuka konsep Kemitraan (Business Opportunity) Kedai Kopi Kapal Api, Coffee Booth Good Day dan Coffee Corner Kapal Api.

Musa Hartanto selaku OOH Manager PT. Santos Jaya Abadi mengatakan banyak keunggulan dari bisnis ini. Diantaranya merk yang sudah dikenal dan produk yang berkualitas, serta pegalaman dalam menjalankan bisnis ini yang memastikan calon mitra harus segera bergabung. Selain itu jaminan mutu produk yang sudah di kenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia

  1.        Excelso

Excelso memiliki produk favorit varian kopi Kalosi Toraja, Avocado Coffee serta berbagai produk minuman Frappio yang merupakan fancy coffee. Produk-produk ini memakai bahan baku terbaik dan cara pengolahan yang tepat.

Dari segi harga, Excelso memberikan harga sesuai dengan kualitas produk dan dapat diterima di kelasnya. Lalu, dari sisi promosi, Excelso banyak melakukan promosi untuk mendongkrak penjualan dan bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia untuk memberikan benefit lebih kepada konsumen.

“Dan saat ini kami berada pada posisi very proud local brand chainstore coffeeshop yang berdampingan dengan chainstore coffeeshop dari luar negeri yang berada di Indonesia. In terms of market size masih sangat menjanjikan di Indonesia,” ungkap Direktur Utama PT Excelso Multirasa,  Kevin Christopher Mergonoto.