Tidak dipungkiri lagi, jika bisnis ticketing dan travel agent semakin berkembang. Apalagi semenjak adanya peraturan pemerintah yang melarang adanya loket tiket di Bandara. Alhasil, demand terhadap bisnis ini pun meroket. Meski demikian, tidak semua merek bisnis ticketing dan travel mampu memberikan layanan dan produk yang berkualitas baik untuk konsumen mau pun mitra-mitra agentnya. Banyak di antara merek tersebut yang menggunakan sistem yang sulit dipahami dan ribet.

Namun tidak demikian dengan Voltras Agent Network, atau yang kerap disingkat menjadi VAN ini. Voltras hadir dengan menawarkan kemudahan dalam bisnis jualan tiket dan travel. Pasalnya, Ahmad Ulya sang owner, sangat memahami industri ini. Bisnis yang dibangunnya bahkan berawal dari pengalamannya menjadi sub agen tour and travel. Ulya meluncurkan Voltras Agent Network pada April 2012 lalu. Kini, jaringan bisnisnya telah berjumlah lebih dari 5000-an agent!

Ulya mengawali bisnisnya dengan menjadi sub agen pada tahun 2008. Ia mengakui, ketika itu banyak hal yang ia alami dan bisa dijadikan pelajaran. Pada saat ia menjadi sub agen, banyak kerumitan proses yang harus dialaminya ketika berjualan tiket. Salah satunya adalah prosesnya manual, yakni booking tiket melalui telepon, YM maupun email. Kendalanya terletak pada jam operasionalnya. Ambil contoh bila jam operasionalnya hanya sampai jam 6 sore, ketika ada klien yang mau issued tiket jam 7 malam jelas tidak bisa.

“Kendala lainnya sangat merepotkan dan biaya yang harus dikeluarkan jadi lebih besar. Hal tersebut dikarenakan adanya proses-proses manual sehingga harus ada manusia untuk mengurusi semua hal itu,” tukas Ulya.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Ulya mencoba menciptakan sistem untuk mempermudah segala macam kesulitan dalam bisnis travel agent. Ulya memaparkan, diferensiasi dari sistem yang Voltras miliki adalah real online dan full automatic. Pertama, untuk top up tidak perlu melakukan konfirmasi, karena Voltras Agent Network menggunakan payment gateway. Yang kedua, booking dan issued tiket bisa dilakukan sendiri oleh mitra, karena tanpa perantara operator. “Kami full automatic, tidak ada campur tangan orang di sini, jadi tiket kami original,” tutur Ulya.

Ada satu feature yang travel agent lain tidak punya, yakni Auto Ticket. Normalnya sistem travel agent yang ada adalah travel agen melakukan reservasi, lalu diberikan kecalon penumpang, kemudian ditunggu sampai batas waktunya, lalu si calon penumpang transfer barulah melakukan issued. Auto ticket tidak perlu seperti itu, setelah calon penumpang booking, mereka akan diberikan kode untuk pembayaran, cukup mudah.

“Langkahnya; Pertama, ketika calon penumpang transfer pembayaran, maka dia tidak perlu konfirmasi, karena di ATM akan tertera atas nama travel agent dari mitra bukan perorangan. Yang kedua, saya tidak perlu melakukan pengecekan rekening. Yang ketiga saya tidak perlu melakukan issued ticket, karena ketika penumpang bayar di Internet Banking ataupun ATM, akan ada server yang otomatis langsung mengurus segalanya,” jelas Ulya.

TIM Voltras di Sebuah Pameran

Sistemnya Dinamis dan Inovatif

Setelah sukses menghadirkan fitur ajaib “Autoticket”, VAN kemudian meluncurkan produk barunya yang mengedepankan sisi teknologi dan inovasi-inovasi yang dikembangkannya sebagai penyempurna produk sebelumnya. Hadirlah Voltras Internet Booking Engine (VIBE) sebagai fitur andalan. Sehingga pebisnis travel lebih fokus untuk melakukan promosi, selling dan marketing dan dapat memenuhi segmen pasar yang menginginkan self service.

Menurut Ulya, VAN adalah satu-satunya sistem travel online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap transaksinya, dengan menggunakan sistem reservasi yang mudah dan cepat dalam penggunaannya. Karena VAN mengadopsi One Stop Booking yang sudah terbukti, bahkan kini sudah dapat melakukan semua transaksi secara individu (searching, booking, issued, dan print tiket sendiri) selama 24 jam nonstop, tanpa perantara operator atau terbatasnya waktu pelayanan untuk melakukan semua transaksi.

Tidak hanya itu VAN juga memberikan banyak improvement terhadap para membernya agar mudah dalam berbisnis. Karena dengan mengembangkan Voltras Internet Booking Engine akan lebih mempermudah para membernya dalam memiliki web yang bisa digunakan untuk pencarian hingga pembayaran tiket pesawat. Dengan memiliki Web yang dipasang membuat member jauh lebih cepat memperluas pasar konsumen.

Berkah dari inovatifnya Voltras, berbagai penghargaan lekat dengan merek yang berpusat di Tangerang Selatan ini. Setahun yang lalu, VAN sukses mempertahankan Indonesia Travel and Tourisme Award (ITTA) pada 15 desember 2014 dua tahun berturut-turut. Dan belum lama ini, sang owner yaitu Ahmad Ulya baru saja meraih penghargaan Anugerah Wirausaha Indonesia 2015 dari Tabloid Business Opportunity Indonesia.

Penghargaan yang diraih VAN sebagai institusi bisnis dan penghargaan sang owner sebagai pribadi, seolah menandaskan jika merek yang berdiri sejak tahun 2008 ini memang merek jempolan. VAN memang berbeda. Merek ini sangat inovatif dalam menciptakan sebuah sistem yang memanjakan konsumen dan mitra-mitranya.

“Menurut pandangan saya travel itu semakin lama akan semakin besar. Alasannya karena kondisi geografis negara kita, pertumbuhan ekonomi, kebutuhan transport, dan sifat konsumsi dari masyarakat kita semakin besar. Hal tersebut bisa kita lihat dari catatan tahun lalu pertumbuhannya sekitar 18 % dan akan terus semakin besar. Nah dengan begitu kita tinggal pilih mau hanya jadi penonton atau user saja, atau mau ikut menikmati kue (peluang besar) ini,” ujarnya.

Dan yang membuat merek dengan tag line “kami mengurangi separuh pekerjaan anda” tambah menarik, nilai investasinya sangat-sangat terjangkau bahkan untuk seorang pelajar atau pun mahasiswa. Bagi calon mitra yang tertarik dan ingin bergabung menjadi mitra Voltras Agent Network, Voltras akan memberika harga khusus yaitu Rp 100 ribu untuk bergabung dengan tipe keanggotaan VAN Basic (harga normal Rp 299.000).

Keunggulan Voltras Agent Network;

Fitur ajaib:

Auto ticket, nama agent member muncul di layar atm atau internet banking, one step booking, service fee yang flexible, top up pakai kode bayar, tersedia tiket original dan itinerary receipt, reloc/relocate bookingan garuda indonesia, tanpa biaya transaksi.

Keanggotaan:

Satu kali pembayaran aktivasi keanggotaan, Keanggotaan berlaku selamanya, Tanpa biaya bulanan, tahunan maupun perpanjangan keanggotaan, Siapa saja dapat menjadi member VAN tanpa persyaratan apapun, Keanggotaan yang bebas, tanpa ada minimum transaksi maupun deposit

Reservasi :

Satu sign in untuk semua reservasi (tiket pesawat, tiket kereta api dan hotel), Satu tampilan layar untuk semua airlines, Searching, booking, issued hingga print tiket yang dilakukan sendiri, Menampilkan semua class (harga) secara transparan pada setiap airlines dan kereta api, Real time available seat pada semua maskapai dan kereta api tersedia, Perbandingan jadwal dan harga dalam satu halaman, Instan confirmation untuk reservasi hotel, Time limit mengikuti time limit airlines, Pertama dan satu-satunya pemilik fitur ajaib Auto Ticket

Payment :

Proses Top Up yang menggunakan Payment Gateway (Virtual Account), Berjalan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi bukti bayar setelah melakukan pembayaran, Menerima proses Top Up hampir seluruh bank di Indonesia, Pilihan jalur pembayaran Top Up (SMS Banking, M-Banking, I-Banking, Teller, ATM), Tidak ada minimum dan maximum deposit, Nama agen member tertera pada layar ATM atau internet banking, Report dan Notifikasi, Tersedia reporting yang komprehensif, Pendapatan komisi, service fee, maupun insentif tertera dengan jelas, Record setiap top up sehingga terpantau dengan jelas transaksi keuangan, Notifikasi email setiap terjadi pembayaran.

Siap untuk langsung mendaftar? Cara nya sangat mudah, silahkan klik di sini