Franchiseglobal.com – Semakin banyaknya pecinta hewan yang ada di Indonesia membuat para pengusaha di bidang pet shop berfikir untuk mulai mem-franchise-kan usahanya itu, salah satunya adalah Evi Ceniago, pemilik bisnis pet shop dengan nama MYpets.

Pertama kali berdiri sejak awal Desember 2010 di Medan, hingga saat ini MYpets sudah memiliki 5 outlet, dimana 3 outlet diantaranya milik sendiri. Sementara 2 lainnya adalah milik mitra.

“Kalau yang franchise itu ada di Pekan Baru sama yang baru mau buka di Bandung. Kita juga baru mulai aktif franchise di tahun ini,” ujar Evi saat dihubungi Franchiseglobal.com melalui sambungan telepon, Jumat (22/6/2018).

Evi menambahkan, konsep dari bisnis pet shop miliknya ini sama seperti konsep yang digunakan oleh minimarket pada umumnya. Dimana untuk manajemennya sendiri dari pihak MYpets, termasuk supply barangnya.

“Jadi mereka (calon mitra-red) itu tinggal siapkan dana sama tempatnya saja,” kata Evi.

Terkait dengan nilai investasinya sendiri, Evi mematoknya di angka Rp350 juta. Nilai tersebut sudah termasuk biaya renovasi kurang lebih Rp250 juta, entry fee Rp50 juta, dan biaya tak terduga (seperti pemasangan air dan listrik) sebesar Rp50 juta.

“Kita juga ada biaya manajemen fee sebesar Rp5 juta per bulan atau 5 persen dari omset,” katanya.

Evi menargetkan omset per bulan dari bisnis pet shopnya ini bisa tembus hingga Rp100 juta, tergantung lokasi dan berapa lamanya toko tersebut buka. Sehingga kurang lebih dalam jangka waktu 2 tahun para mitranya sudah balik modal.

“Itu kalau kita hitung dengan biaya sewa ya. Kalau tanpa sewa paling 1 tahun sudah balik modal,” jelasnya.

Evi juga mengatakan kalau saat ini pihaknya tengah sibuk dalam pengembangan aplikasi. Dimana nantinya customer bisa memesan segala kebutuhan hewan peliharaan lewat aplikasi tersebut.

“Saat ini sedang kami garap, kurang lebih sudah mencapai 75 persen. Harusnya bulan Oktober 2018 sudah launching,” kata Evi.

Evi berharap bisnis pet shopnya itu bisa tumbuh dan berkembang hingga ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

“Karena sekarang kan banyak orang yang terbuka pikirannya untuk memelihara binatang. Target kita sih marketnya tersebar di seluruh Indonesia. Kalau bisa sampai ke mancanegara,” pungkasnya. [ded]

Nikmati sewa mobil matic Jogja termurah hanya di CV. Atika Transport dengan lebih dari 40 mobil tersedia mulai dari sedan hingga truk.