Berdiri pada pertengahan 2017 lalu, Foodpedia langsung menawarkan kemitraan. Dimana outlet pertamanya ada di Dramaga Bogor. Sampai saat ini, sudah ada 54 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara Pasta Kangen yang lebih dulu hadir (sejak 2015) telah memiliki sekitar 420 outlet di seluruh Indonesia.

“Jadi Foodpedia itu konsepnya lebih ke komunitas. Sebenarnya Foodpedia itu gabungan dari Pasta Kangen. Jadi ibaratnya upgradable,” ujar Berlian saat dihubungi wartawan Franchiseglobal.com via telepon, Jumat (26/10/2018).

Menurut dia, menu-menu yang ditawarkan di Foodpedia masuk untuk semua kalangan, mulai dari anak sekolahan, kampus, perkantoran, sampai warga perumahan.

“Kita ada sekitar 70 menu. Sementara untuk harganya mulai dari Rp6000-an,” tambahnya.

Terkait dengan peluang bisnisnya, Berlian menawarkan 5 paket kemitraan. Mulai dari paket dengan nilai investasi sebesar Rp169 juta, Rp279 juta, Rp378 juta Rp495 juta dan Rp797 juta.

“Itu sudah dapat seluruh perlengkan resto, bahan baku awal, pelatihan, dekorasi, sistem, branding dan survey lokasi,” katanya.

Tidak ada royalty fee maupun franchisee fee dalam kerjasama ini. Mitra yang sudah bergabung juga tidak diwajibkan untuk membeli bahan baku dari pusat. Jadi bisa dilakukan melalui supplier lain yang sudah direkomendasikan oleh pusat.

“Kerjasama kita ini benar-benar lebih ke socialpreneur. Jadi cuma beli brand, pelatihan. Untuk pembelian bahan baku bebas, kita cuma kasih suppliernya aja,” jelasnya.

Perkiraan omset rata-rata bisa mencapai Rp5 juta sampai Rp10 jutaan. Sementara perkiraan balik modalnya kurang lebih setahun. [ded]