JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Donat sudah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Sebagai kudapan yang disukai semua kalangan, menjajakan donat boleh dibilang sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Tak heran jika banyak pelaku bisnis yang menangkap peluang tersebut. Salah satunya Sukwoto dengan brand Bandung Donat Yogurt.

Meski pusatnya ada di Bandung, tapi outlet pertamanya ini justru ada di Serpong, Tangerang yang pertama kali berdiri pada Mei 2014 lalu. Hal ini disampaikan oleh Sukwoto saat dihubungi FRANCHISEGLOBAL.COM melalui sambungan telepon pada Senin (14/9).

“Bedanya dengan donat-donat pada umumnya, donat kami menggunakan bahan yogurt. Karena mengingat Bandung sendiri merupakan salah satu penghasil yogurt yang banyak. Jadi kami berpikir menggantikan susu full cream yang ada di donat dengan menggunakan yogurt,” kata Sukwoto.

Karena menggunakan bahan yogurt, Sukwoto mengklaim kalau donat miliknya masuk dalam kategori healthy food dan rendah gula. Meski begitu, tak menghilangkan rasa gurih dan enaknya rasa donat itu sendiri.

“Karena kita tidak pakai bahan pengawet, maka donat kami tidak bisa dikonsumsi lewat dari 2 hari,” tambahnya.

Menurut Sukwoto, Bandung Donat Yogurt memiliki sekitar 54 topping. Dimana best sellernya adalah black forest, mango star dan cheese lover. Jika beli satuan, harga donat ini Rp6 ribuan. Sementara jika beli per setengah lusin atau per lusinnya masing-masing dibanderol Rp34 ribu dan Rp65 ribuan.

Untuk melebarkan sayap bisnisnya, Sukwoto membuka peluang kerjasama dengan konsep waralaba. Dimana nilai investasinya berada di angka Rp40 juta. Nilai tersebut sudah termasuk peralatan, produksi, furniture outlet, meja kerja, rak display dan sebagainya.

Mitra dikenakan biaya tambahan untuk biaya transportasi untuk training sesuai dengan wilayahnya masing-masing. Misalnya Jabodetabek Rp10 juta, Sumatera dan Jawa Rp15 juta serta Kalimantan dan Sulawesi Rp20 juta.

“Diluar itu, mitra tidak ada biaya tambahan lagi, termasuk juga tidak ada royalty fee dan semacamnya. Kita juga tidak ada masa kerjasama. Artinya kerjasama kita seumur hidup,” katanya.

Dalam sebulan, kata Sukwoto, mitra bisa mengantongi keuntungan bersih mencapai Rp8 jutaan dengan estimasi balik modal maksimal 8 bulan. Saat ini, Bandung Donat Yogurt sendiri telah memiliki 14 outlet yang tersebar di Aceh, Natuna, Jambi, Padang, Depok, Sukabumi, Bogor, Serpong dan Bandung.