Tawaran kemitraan kali ini datang dari Foresthree, sebuah kedai kopi kekinian asal Bogor yang masih berada di bawah bendera Baba Rafi Group. Saat ini, sudah ada tujuh gerai Foresthree yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Foresthree menyasar kalangan konsumen kelas menengah. Harga produknya dibanderol mulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribu per porsi. Untuk menunya sendiri tersedia sekitar 12 varian. Beberapa diantaranya, avopreso, durianpresso, es kopi susu, dan double shoot.

Foresthree sendiri memiliki kelebihan yang terletak pada kualitas biji kopi dan bahan baku lainnya. Sehingga menciptakan rasa yang tidak kalah dengan kopi kreasi lainnya.

Foresthree menawarkan kemitraan dengan investasi senilai Rp222 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah penggunaan merek usaha, dekorasi interior, peralatan masak lengkap, bahan baku awal, branding, sistem, dan pelatihan.

"Kita konsep kerjasamanya adalah full operation dengan sistem bagi hasil 40 persen untuk manajemen dan 60 persen untuk mitra yang diambil dari net profit," ujar Marketing Communication, Dewi Moerba pada wartawan Franchiseglobal.com beberapa waktu lalu di pameran franchise di Jakarta.

Dengan begitu, kata dia, mitra cukup menyiapkan tempat dengan ukuran minimal 5x2 m². Lainnya, mitra juga wajib mengambil bahan baku dari pusat untuk menjaga kualitas produk.

Diperkirakan dalam kurun waktu enam bulan, mitra sudah bisa balik modal. Dengan catatan, total penjualan setiap harinya bisa mencapai 70 cup. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan usaha yang didapatkan sekitar 40 persen sampai 50 persen dari total omset per bulan. [ded]