JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan tiga daerah ini akan menjadi prioritas pihaknya dalam pengembangan produk kreatif.

Menurut Sandi, ketiga daerah tersebut adalah Bali, Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTT), dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ketiga daerah ini mendapat perhatian lebih karena ketiganya akan menjadi tuan rumah dari tiga event internasional yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan 2023 mendatang, yaitu KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20, MotoGP, dan ASEAN Summit 2023,” kata dia dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Selain itu, dikatakan Sandi lagi, kementeriannya juga akan mengembangkan serta meningkatkan kualitas produk-produk kreatif dari ketiga daerah tersebut melalui berbagai macam progam.

Di antaranya adalah Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (Beda’kan), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dan Indonesia Spice Up the World (program pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah).

“Sehingga, ketiga daerah ini nantinya siap menyambut kedatangan delegasi-delegasi internasional yang akan berpartisipasi dalam event-event ini,” ujarnya.

Salah satu event yang diunggulkan oleh pihaknya ialah AKI karena akan menjadi salah satu kegiatan dalam Presidensi G20.

Selain ketiga daerah tersebut, pengembangan berbagai produk kreatif akan didorong pula di lima destinasi super prioritas (DSP) yakni Borobudur di Jawa Tengah, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Ttara.

Sementara itu, untuk dua daerah lainnya, Labuan Bajo dan Mandalika, sudah masuk dalam skala prioritas pengembangan produk kreatif Kemenparekraf tahun 2022 hingga 2023 mendatang.