Salah satu variabel kesuksesan sebuah usaha franchise sangat ditentukan oleh komitmen sang Franchisor untuk menciptakan franchisee-franchisee yang kuat, handal, dan sukses. Keberhasilan Franchisor menciptakan hal tersebut nantinya bukan hanya merupakan kebanggaan bagi franchisor.Namun juga bisa menciptakan efek lain. Karenafranchisee sukses akan menjadi “brand ambassador” bisnis waralaba, bahkan menjadi pendorong kemajuan bisnis franchisornya.

Meski demikian, kemajuan bisnis sejatinya tidak hanya terjadi atas komitmen sang franchisor semata. Franchisee pun wajib berkomitmen penuh akan kesuksesan usaha yang dijalankannya.

Jika Anda franchisee, kesuksesan dalam mengelola sebuah bisnis waralaba biasanya juga akan mendorong Anda untuk memiliki gerai waralaba berikutnya. Di Indonesia banyak sekali franchisee yang memiliki gerai lebih dari satu. Saya melihat ini merupakan hal yang sangat positif bagi perkembangan usaha waralaba di Indonesia ke depan.

Para franchisee tersebut juga mampu memberikan inspirasi bagi franchisee lainnya. Bahkan tidak sedikit dari franchisee-franchisee hebat itu yang dijadikan sparing partner pemikiran bahkan ada juga yang masuk dalam manajemen bisnis franchisornya.

Ya, menjadi franchisee sukses tentu saja tidak mudah. Untuk sukses, Anda wajib memiliki mindset yang tepat akan kesuksean bisnis Anda. Setiap franchisee sebaiknya memiliki sikap untuk terus update akan knowledge sehingga menemukan cara-cara baru untuk mencapai kesuksesan didalam bisnis. Boleh dibilang dalam bisnis cara baru harus selalu ditemukan sehingga akan tetap dipilih dan dihati customer-nya.

Untuk menjadi franchisee sukses, pastikan Anda harus kreatif dalam menjalankan bisnis Anda. Karena franchisee yang mengetahui Day by Day perkembangan outlet Anda, bukan Franchisor. Pertama yang harus dipahami adalah Mindset akan sebuah bisnis franchise, banyak sekali franchisee di Indonesia yang hanya memikirkan uang yang diinvestasikan tanpa mengetahui bagaimana cara mencapai sukses di bisnis tersebut.

Saya mengamati jika Anda ingin omset naik, keuntungan naik dan ROI cepat,  pastikan “ROH ANDA” ada di dalam bisnis yang Anda geluti. Mengapa?  Mayoritas franchisee sukses di Indonesia karena dia fokus menjalankan bisnis franchise yang dia pilih. Dan Menjadi franchisee sudah barang tentu tidak menyerahkan sepenuhnya HIDUP MATI gerai Anda kepada franchisor. Banyak franchisee sukses memang dia turun langsung ke lapangan menangani outlet franchisenya.

Selain itu, Anda harus memiliki cara-cara baru baik untuk lokal marketing maupun cara lainnya sehingga customer akan selalu mengingat untuk berbelanja di outlet Anda. Cara-cara baru biasanya bisa dilakukan melalui aneka program marketing. Terlebih sekarang kita akan memasuki akhir tahun, tentu bagi Anda franchisee atau franchisor harus bekerja ekstra untuk menutupi target yang telah ditetapkan.

Untuk mencapai target omset kita perlu membuat cara yang kita bisa ukur setiap waktu. Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda jalankan untuk mencapai target yang ditetapkan.

Pertama, Pastikan TIM Anda memiliki komitmen yang penuh untuk mencapai target di akhir tahun ini. Buatlah agenda meeting untuk mensosialisasikan rencana program akhir tahun yang akan Anda lakukan.

Kedua, Anda bisa membuat sebuah Promo Program akhir tahun contoh dengan mengadakan berbagai undian berhadiah dengan menggandeng berbagai supplier atau relasi Anda untuk mendongkrak penjualan.

Ketiga, Lakukan peningkatkan dari sisi pelayanan kepada pelanggan Anda sehingga diharapkan akan mampu untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan pelayanan pelanggan merupakan titik utama yang harus secara terus menerus ditingkatkan sehingga pelanggan akan semakin loyal dengan bisnis kita.

Keempat, eksekusikan program tersebut namun tetap kontrol efektifitas secara Harian, Mingguan atau Bulanan. Lakukan test dan ukur untuk melihat hasil yang optimal segara lakukan tindakan jika apa yang direncanakan meleset dari target yang telah ditentukan.

Program lainnya yang wajib Anda miliki adalah:

  • Pastikan Anda memiliki kartu member yang bermanfaat sebagai kartu diskon untuk berbelanja. Buatlah program khusus yang sangat menyentuh sehingga pelanggan tetap Anda akan selalu berbelanja secara rutin di outlet Anda.
  • Lakukan promo melalui SMS, Whatsapp atau lainnya secara berkala terhadap member Anda sebagai langkah utnuk me-maintenance pelanggan Anda.
  • Berikanlah informasi produk-produk terbaru kepada pelanggan Anda serta memberikan program promo terhadap pelanggan Anda.

Beberapa catatan diatas tentu hanya sebagian kecil yang bisa Anda lakukan dalam membuat Promo akhir tahun di setiap gerai waralaba Anda. Terima Kasih, Selamat Berbisnis.

 

Salam Franchise

Tri Raharjo (Chairman Franchiseglobal.com)