Bisnis waralaba laundry makin mudah ditemukan di tengah-tengah pemukiman masyarakat. Keberadaanya pun sangat dibutuhkan oleh penduduk sekitar karena keperluan jasa cuci mencuci sekarang ini sudah menjadi gaya hidup. Banyak orang-orang yang memiliki rutinitas tinggi—terutama yang tinggal di kota-kota besar kerap memanfaatkan bisnis layanan laundry, karena kebutuhan pakaian bersih adalah sebuah nilai estitka yang sudah sangat lazim sekarang ini.

Peluang bisnis ini yang sudah digarap oleh Waralaba Melia Laundry & Dry Cleaning sejak 19 tahun yang lalu. Ya seorang pengusaha bernama Fen Saparita mengawali kiprah bisnisnya ini pada 1996. Walau pada saat itu masih keterbatasan soal informasi hingga teknologi sebagai operasionalnya, namun Fen mantap untuk menjalankan bisnisnya hingga terus eksis sampai sekarang.

“Dulu awal memulai bisnis penampilannya berbeda teknologinya juga sangat berbeda. Kemudian saya modernisasi karena konsep modern itu sangat menjual,” kata pemilik bisnis Melia Laundry tersebut. Lebih lanjut, pangsa pasar laundry di Indonesia pun masih sangat bagus, selama orang masih memakai produk tekstil maka selama itu pula orang masih perlu usaha jasa laundry. Namun Fen menambahkan jika siapa yang kuat di bisnis ini, dialah yang akan bertahan dan akan terus berkembang.

“Perkembangannya cepat tapi kalo ga kuat dalam mengelola bisnisnya, cuma bisa bertahan sebentar. Berkat pengalaman bisnis kita yang tidak sebentar, standar operasional prosedur dan manajemen kita sudah mumpuni, ditambah jaringan usaha kita juga sudah luas. Bahkan rata-rata yang sudah bermitra dengan kita sangat bagus, 90% mitra kita perpanjang lagi,” sambungnya.

Bisnis waralaba Melia Laundry, tidak hanya menawarkan layanan jasa cuci mencuci yang umum semata, tapi juga yang sesuai dengan kebutuhan dan segmentasi pasar yang dituju. Untuk laundry pakaian satuan, terdapat layanan umum Melia Laundry & Dry Cleaning. Untuk cuci kiloan ada Melia Laundry on Kilo’s, kemudian yang terakhir ada Melia Laundry Hotel, layanan ini khusus untuk menjangkau bisnis tempat penginapan seperti hotel, atau skala perusahaan lainnya.

Tak hanya itu, setiap layanan tersebut juga memiliki fasilitas mesin yang juga berbeda-beda. Soal kualitas memang tak perlu diragukan karena kesemuanya sudah diterapkan standar yang sesuai dengan spesifikasinya. Di tahun ini juga, Melia Laundry akan menghadirkan inovasi baru yaitu layanan mobil keliling yang akan mobile ke perumahan masyarakat untuk menyediakan jasa pengambilan, dan pengantaran cucian langsung ke rumah konsumen.

Bisnis waralaba Melia Laundry, sudah memiliki total lebih dari 80 workshop yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian untuk keagenan dan counter, jumlahnya lebih dari 500 agen. Investasi yang dibutuhkan untuk tipe workshop, dibanderol dengan franchise fee senilai Rp100 juta.

“satu workshop membawahi counter dan agen. Jadi workshop ini sebagai tempat pengerjaannya, mesin dan operasional ada di sana. Satu workshop bisa menjangkau minimal 20 sampai 25 agen,” pungkas Fen.

Klik Waralaba Melia Laundry & Dry Cleaning untuk info lebih lengkap.

(Heksa R.P)