Franchiseglobal.com - Bagi sebagian masyarakat awam yang ingin mulai membangun bisnis, mungkin bisnis Franchise dan Opportunities sangat sulit untuk dibedakan. Meskipun kedua jenis bisnis ini sama-sama memberikan hak usahanya kepada orang lain, tapi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar, terutama mengenai hak yang diberikan.

Berikut adalah perbedaan antara bisnis Franchise dan Opportunities seperti yang dikutip dari konsultanwaralaba.com, Selasa (19/6/2018).

Franchise merupakan hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian Franchise.

Atau dengan kata lain Franchise dapat diartikan sebagai Hak yang diberikan oleh Franchisor kepada Franchisee berupa Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Business Format.

Sementara untuk bisnis Opportunities sendiri adalah suatu kesempatan usaha dengan menggunakan produk/alat/metode dari pengusaha pemberi (penjual) paket BO (Bisnis Opportunities).

Dimana pada umumnya penerima BO diminta untuk membayar paket BO yang di dalamnya termasuk materi untuk initial start-up usaha serta harga BO yang dimaksud.

Berdasarkan penjelasan di atas tersebut, pengertian Franchise dan BO jelas sangat berbeda. Dimana masing-masing pola kerjasamanya memiliki keuntungan dan kelemahan.

Nah, sekarang tinggal bagaimana cara Anda sebagai calon pengusaha untuk memilih pola mana yang sesuai dengan visi dan misi Anda.

Bagi yang tertarik untuk membeli bisnis Franchise, Franchiseglobal.com memiliki banyak referensinya dengan nilai investasi yang berbeda-beda. Silahkan dicek dan hubungi tim marketing kami. [ded]