JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Potensi bisnis sunat (khitan) di Indonesia tercatat masih sangat menjanjikan. Hal ini disampaikan oleh Head Franchise Rumah Sunat dr Mahdian, dr Yudha Tirtadani saat menjadi narasumber di program BizTalk yang diselenggarakan oleh media FRANCHISEGLOBAL.COM pada Selasa (29/9) kemarin.

Menurutnya, angka kelahiran di Indonesia telah mencapai 4,8 juta per tahunnya. Dimana 50% diantaranya adalah laki-laki dengan presentase mereka yang beragama muslim sebanyak 83%. Artinya setiap tahunnya, tak kurang dari 2 jutaan anak di Indonesia telah disunat.

“Jika biaya khitan per anak mencapai Rp500 ribu, maka nilai bisnis khitan per tahun bisa menyentuh di angka Rp1 triliun. Ini untuk satu prosedur sunat lho dan angka tersebut belum termasuk khitan untuk orang dewasa,” kata dr Yudha.

Selain itu, dr Yudha juga menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terkait dengan kesehatan semakin meningkat. Sehingga prosedur sunat ini tidak melulu menjadi milik masyarakat muslim saja.

“Tentunya ini menjadi suatu peluang dan kalau kita lihat tidak ada klinik atau layanan kesehatan yang memfokuskan layanan sunat seperti Rumah Sunat dr. Mahdian. Jadi ini bisnis yang unik dan minim kompetitor serta tahan terhadap segala kondisi ekonomi,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head Marcomm Rumah Sunat dr. Mahdian, Tien Winarko mengatakan bahwa klinik sunat yang berdiri sejak 14 tahun silam itu telah berhasil menangani lebih dari 200 ribu pasien, baik yang datang ke klinik maupun yang dilakukan di rumah.

“Bahkan kami juga pernah mendapatkan rekor muri karena telah berhasil menyunat 1000 anak dalam satu hari,” ujar Tien.

Selain itu, lanjut Tien, Rumah Sunat dr. Mahdian juga menawarkan metode sunat yang paling aman, nyaman dan ramah anak yakni metode sunat Mahdian Klem. “Ini adalah metode sunat yang paling praktis, karena waktu sunat lebih cepat tanpa ada proses jahitan, minim risiko dan setelah sunat langsung dapat beraktivitas kembali,” jelasnya.

Dari sisi pengembangan bisnis, Rumah Sunat dr. Mahdian membuka peluang kerjasama dengan konsep franchise. Ada tiga paket investasi yang ditawarkan yakni Paket Gold Rp60 juta, Paket Platinum Rp100 juta dan Paket Diamond Rp550 juta. “Target calon mitra kami adalah mereka yang memiliki fasilitas kesehatan mulai dari skala kecil hingga skala yang lebih besar seperti klinik umum 24 jam ataupun rumah bersalin,” kata dr. Yudha.

Hingga saat ini, Rumah Sunat dr. Mahdian telah memiliki 49 klinik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan dr. Yudha menyebut kalau pada Februari 2020 lalu pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan klinik Kimia Farma. Sehingga proses sunat pun kini bisa dilakukan di semua klinik Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia.

Info lebih lanjut terkait dengan peluang bisnis Rumah Sunat dr. Mahdian, silahkan klik disini.