JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Peluang bisnis cuci mobil semakin menggiurkan. Terlebih saat ini jumlah kendaraan di jalan raya semakin bertambah banyak. Tentunya ini dapat memberikan keuntungan bagi pengusaha yang bergelut di bisnis tersebut. Salah satu bisnis cuci mobil yang bisa jadi pilihan adalah Autoclean Waterless.

Bisnis cuci mobil besutan Riva Firdaus ini pertama kali hadir pada tahun 2016 lalu. Hingga saat ini, Autoclean Waterless telah memiliki sebanyak 85 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2019 sendiri, Riva telah membuka kemitraan Autoclean Waterless sebanyak 10 cabang yang lokasinya ada di TSM Bandung, Balikpapan, Summarecon Mall Bekasi, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Harapan Indah, Plaza Semanggi, Jogja City Mall, Sleman City Hall dan Cibinong.

“Saya berharap semua mitra dapat merasakan hasil dari mempunyai bisnis Autoclean ini. Karena ada beberapa mitra kami yang memiliki lebih dari satu gerai. Dan kami juga berharap dapat terus memenuhi keperluan customer untuk perawatan kendaraan mereka,” ujar Riva saat dihubungi FRANCHISEGLOBAL.COM melalui sambungan telepon, Rabu (1/4) kemarin.

Menurut Riva, biaya perawatan mobil di Autoclean Waterless dimulai dari Rp70 ribu sampai Rp1,2 jutaan untuk waterless-nya. Sementara untuk perawatan detailing seperti Autoclean Waterless Plus dimulai dari Rp1 juta sampai Rp4,5 jutaan.

Untuk dapat menjadi mitra Autoclean Waterless dibutuhkan nilai investasi sebesar Rp70 juta. Nilai tersebut untuk kemitraan waterless (cuci mobil dan perawatan mobil tanpa menggunakan mesin).

Sementara untuk kemitraan waterless dan ceramic coating, nilai investasi yang dibutuhkan Rp205 jutaan, lalu kemitraan area kota dan kabupaten mencapai Rp166 jutaan, hanya untuk 3 gerai waterless saja dan yang terakhir kemitraan provinsi Rp530 juta untuk membuka 5 gerai waterless dan 1 gerai Autoclean Waterless Plus.

“Kita tidak ada royalty fee. Kewajiban mitra hanya menjalankan bisnis ini sesuai dengan SOP yang berlaku. Dan mitra juga wajib menjual barang-barang dari Autoclean Waterless,” kata dia.

Berdasarkan perhitungan Riva, rata-rata para mitranya berhasil meraup omset hingga mencapai Rp80 jutaan setiap bulannya. Dengan begitu, dalam waktu singkat, mitra sudah bisa balik modal.