Siapa sih yang gak kenal dengan kuliner kekinian satu ini yang menyajikan makanan khasnya yang gurih dan pedas ini. Mie Gacoan menjadi kuliner yang laris belakangan ini ternyata sudah berdiri sejak 2016 lalu merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi. Tentu akan menarik jika gabung franchise mie gacoan ini.

Usaha mie gacoan ini terbilang sukses karena menyajikan sesuatu yang berbeda dengan kuliner lainnya yang sejenis. Mie sendiri merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari dan dibeli oleh masyarakat Indonesia, apalagi jika mie tersebut memiliki banyak varian rasa.

Mie Gacoan menghadirkan inovasi yang jelas menarik minat dan perhatian banyak pihak karena menghadirkan menu – menu menarik. Di menu mie, mereka memiliki tiga varian mie yaitu mie angel, mie setan dan mie iblis.

Bahkan mereka juga memiliki menu berbagai dimsum dengan harga terjangkau. Tentu bagi yang gemar kuliner akan sangat menyukai hal semacam ini. Oleh karena itu, gak jarang pula Mie Gacoan sampai penuh dengan para ojek online yang menunggu order pembeli.

Berdasarkan sejumlah sumber, pemilik Mie Gacoan tersebut adalah pengusaha Harris Kristanto. Dia memulai usaha ini di Kota Malang, Jawa Timur pada 2016 silam.

Enam tahun berselang, mie ini telah merambah ke puluhan kota lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Cabang-cabang Mie Gacoan banyak dibuka di Kota Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Mie ini menjadi favorit segala kalangan karena level pedasnya yang bisa disesuaikan. Di samping itu, ada dua varian berbeda yakni manis dan asin.

Jika melihat ke belakang, kesuksesan Mie Gacoan tidak bisa dilepaskan dari peran marketplace serta jasa pesan antar makanan. Harris membangun kerja sama dengan aplikasi Grab, Gojek, dan Shopeefood. Penjualan lewat sistem pesan antar ini diperkirakan menyumbang separuh dari keuntungan Mie Gacoan.

Usaha yang berkembang ini pun dapat membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan orang. Saat ini sekitar 3.000 karyawan bekerja di Mie Gacoan. Pembukaan cabang baru di beberapa kota pada 2022 juga diperkirakan menambah jumlah karyawan hingga 5.000.

Dunia bisnis sebenarnya bukan hal baru bagi Harris Kristanto. Pada 2010 silam, Harris berhasil memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Dia sudah belajar memanajemen bisnis sejak di bangku kuliah. Mie Gacoan pun dikonsep sebagai tempat nongkrong kawula muda dengan musik dan colokan yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja maupun menggarap tugas kuliah.