Mixue Ice Cream & Tea merupakan perusahaan yang bergerak di bidang olahan susu dan teh yang didirikan pada tahun 1997 oleh Zhang Hongchao di distrik Zhengzou, Provinsi Henan, China.

Pada tahun 2005 Zhang Hongchao menciptakan produk es krim sendiri setelah melakukan serangkaian percobaan. Setahun setelahnya, produk tersebut secara resmi dijualkan ke pasaran.

Hanya dalam beberapa tahun, omzet tahunan Mixue Ice Cream berkisar 6,5 miliar yuan, atau sekitar 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Kini MXBC telah mendirikan lebih dari 10.000 kedai es krim di dalam dan luar China, dari Vietnam, Singapura, Malaysia, hingga Indonesia.

Pandaily melaporkan, pada awal tahun 2021 kemarin, pendapatan tahunan Mixue Bingcheng telah melesat jauh ke angka 20 miliar yuan, mengalahkan brand-brand besar dari China.

Varen Varina, pemiliki kedai Mixue Ice Cream & Tea di Mall @Bassura menerangkan, Mixue Ice Cream telah masuk ke Indonesia pada tahun 2020.

Hanya dalam waktu dua tahun telah mendirikan sekitar 300 kedai di berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatra.

Perlu diketahui, untuk saat ini Mixue Ice Cream & Tea masih membuka franchise khusus untuk wilayah Jawa dan Sumatra.

Hak Franchise Mixue Ice Cream & Tea di Indonesia dipegang oleh PT PT Zisheng Pacific Trading yang beralamat di kota Bandung. Untuk saat ini, general manager dipegang oleh Chen Tai.

Dikutip dari laman resmi MXBC (Mixue Bingcheng), harga franchise Mixue berbeda-beda sesuai dengan wilayah pendirian kedai, antara ibukota provinsi, kota besar dan kota kecil.

Harga franchise Mixue untuk kategori ibukota provinsi, biaya franchise per tahun sekitar 11.000 RMB (re Harga franchise Mixue Ice Cream & Tea untuk daerah kota besar adalah sekitar 9.000 rmb (19 juta rupiah) per tahun. Dan untuk kota kecil sekitar 7.000 rmb (15 juta rupiah) per tahun nminbi, mata uang Tiongkok) atau sekitar 23.000.000 per tahun.

Kabar baiknya, PT Zisheng Pacific Trading sebagai pemegang resmi Mixue Indonesia telah menerbitkan berbagai diskon untuk mengurangi biaya-biaya franchise.

Hal ini berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh PT Zisheng Pacific Trading pada 31 Maret 2022 tentang kebijakan kemitraan Mixue Indonesia. Diskon ini berbeda-beda setiap daerah. Ketentuan ini berlaku dari 1 April 2022 sampai 30 Juni 2022.