JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM – Kabar baik datang dari perusahaan ritel minimarket Alfamart. Pasalnya, pewaralaba yang bernaung dibawah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) ini baru saja merayakan pembukaan gerai Alfamart ke-1000 di Filipina. Tentunya ini semakin memperkuat cengkraman bisnis Alfamart di negara tetangga tersebut.

Kabar baik ini pun dibenarkan oleh Franchise Business Development Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, Muhammad Andriansyah. “Iya benar, kemarin lebih tepatnya pembukaan toko ke-1000 disana (Filipina),” kata Andriansyah saat dikonfirmasi FRANCHISEGLOBAL.COM, Kamis (12/11).

Di dalam negeri, Alfamart telah memiliki kurang lebih sekitar 15.150-an gerai baik yang dioperasikan sendiri maupun dengan skema waralaba. Per Oktober  sendiri, Alfamart sudah buka hampir 3900 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan akan terus bertambah.

Alfamart pertama kali masuk Filipina pada Juni 2014 lalu dengan skema joint venture bersama mitra lokal SM Group. Alasan perusahaan masuk ke pasar Filipina dikarenakan karakteristik penduduknya hampir sama dengan masyarakat Indonesia.

Ke depan, fokus ekspansi pasar luar negeri sepertinya masih akan tetap berada di Filipina. Namun, perusahaan juga tidak menutup kemungkinan akan berekspansi ke negara lain di Asia bila menemukan kriteria pasar atau mitra yang cocok. 

Di Indonesia, untuk membuka gerai Alfamart sendiri kini semakin mudah dengan sistem crowdfunding alias investasi urun dana bersama Bizhare. “Crowdfunding saat ini sedang tren di Indonesia. Dengan sistem ini mereka yang cuma punya modal terbatas tetap bisa memiliki bisnis Alfamart dengan sistem patungan,” kata Andriansyah.

Normalnya, untuk bisa membuka bisnis Alfamart dibutuhkan modal sedikitnya Rp500 jutaan yang dipergunakan untuk peralatan, franchise fee dan perizinan. Tapi dengan sistem patungan lewat Bizhare, calon investor sudah bisa buka bisnis minimarket ini dengan modal hanya Rp5 juta saja untuk satu lembar saham.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai waralaba Alfamart bisa klik disini..