JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Pandemi covid-19 memang membuat sejumlah bisnis terpuruk bahkan tidak sedikit yang gulung tikar. Namun demikian dalam situasi sulit masih ada bisnis yang tetap bertahan bahkan tumbuh. Keberadaannya yang tahan krisis pun menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Bisnis itu salah satunya adalah kue dan bakery. Bisnis ini boleh dibilang tidak terkena dampak pandemi, justru melejit, pasalnya bisnis makanan yang satu ini tidak membutuhkan pembeli untuk makan di tempat, tapi lebih banyak dibawa pulang atau take away. Dengan sedikit inovasi memanfaatkan platform digital membuat bisnis ini tetap berjalan di tengah krisis.

Untuk membuktikannya, barangkali kita bisa melihat Amor Cakes & Bakery, dikenal sebagai pusat roti, bolu dan kue ulang tahun di Sukabumi, Bogor dan Depok. Jaringan bisnis cakes & Bakery lokal yang memiliki 4 Bakery dan 21 Outlet, selama pandemi covid-19 tidak ada satupun yang tutup. Bahkan perusahaan yang hadir sejak tahun 2010 ini tidak mengurangi karyawannya, dan justru terus berinovasi menghadirkan menu-menu baru.

Tegar Bahara Putra, – Sales Manager Amor Cakes & Bakery mengungkapkan bisnis Amor Cakes & Bakery mampu bertahan di tengah pandemi, karena roti menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat. Makanan berbahan gandum ini juga diyakini menjadi salah satu makanan sehat yang cocok dikonsumsi pada saat pandemi. Di tambah proses penjualannya yang didukung oleh platform digital, membuatnya menjadi favorit masyarakat.

“Ini membuktikan bawa bisnis kami (Amor Cakes & Bakery) sudah proven,” ujar Tegar.

Diungkapkan oleh Tegar, telah eksis selama 10 tahun dan menjadi favorit masyarakat Sukabumi, Bogor dan Depok, perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya secara nasional. Ide untuk ini katanya telah muncul sejak 2 tahun yang lalu. Pandemi covid-19 yang berlangsung 1 tahun lebih, membuatnya semakin yakin bahwa saat ini merupakan saat yang tepat karena binsisnya telah terbukti tahan krisis.

Untuk mengembangkan ide tersebut, Amor Cakes & Bakery menawarkan pola kemitraan yang akan dijalankan oleh Amor Cakes & Bakery, sementara para mitra sebagai pemilik modal akan mendapatkan sharing fee hingga 70%. Adapun untuk menjadi mitra yang terpenting calon mitra memiliki modal yang cukup, memiliki komitmen untuk mengembangkan binsis.

“Tidak perlu jago bisnis, karena akan dioperatori oleh kami, pemilih modal tinggal terima keuntungan,” ujar Tegar.

Lebih lanjut Tegar menjelaskan, ada dua model kerjasama yang ditawarkan, yakni Gold Model dengan modal Rp1,169 miliar dengan sharing fee hingga Rp29,67 juta per bulan. Dan Platinum Model, dengan modal Rp1,59 miliar, dengan sharing fee hingga Rp44,51 juta per bulan. Dengan keuntungan yang ditawarkan, investasi modal awal yang dikeluarkan akan break even point dalam 29 bulan.

Diakui saat ini telah banyak brand cakes & bakery. Namun Amor Cakes & Bakery menawarkan berbagai keunggulan, di antaranya; berpengalaman 10 tahun bukan waktu yang sebentar, dan terbukti bisnisnya sudah proven di masa pandemi. Waktu 10 tahun menjadi bukti bisnis bisa berkembang. Memiliki tim yang lengkap. Memiliki produk yang sangat lengkap, bukan cuma bakery, kue moci, donat, dan terjamin dari segi kualitas dan rasa. Produksi tersentral, pusat produksi bakery di Dramaga Bogor.

“Dan masih banyak lagi, dan yang paling penting kami memiliki sistem bersertifikat ISO 9001 2015, sistem manajemen mutu,” ujar Tegar.

Dan untuk dapat bersaing dengan bisnis cakes & bakery lainnya, Amor Cakes & Bakery telah memiliki beberapa strategi. Salah satunya ingin mengembangkan bisnisnya dalam skala nasional, karena menurutnya tidak banyak perusahaan cakes & bakery yang memili cabang yang luas di seluruh Indonesia. Untuk mempercepatnya, tidak hanya konsep kemitraan, ke depan juga berencana untuk menjualnya dalam konsep franchise.

Mengikuti perkembangan digital, Amor Cakes & Bakery juga akan terus mengembangkan platform penjualan secara online dan melakukan digital marketing secara digital. Pelayanan, jadi faktor penting. Konsep pelayanan, one customer one smile. Untuk memuaskan hasrat kebutuhan konsumen untuk diservice, dan akan dijalankan di setiap area.

“Namun kita memaklumi, kami belum jadi brand terkenal dan besar. Kita masih perusahaan lokal, bermimpi untuk go nasional. Namun ada langkah riil, salah satunya program kemitraan. Tidak ngasal mitra, tapi dengan investor, menjadi kerjasama yang ingin dipegang teguh,” tutup Tegar.

 

Info Kemitraan

Nama : Tegar bahara Putra

HP : 0811-870-2-870

Email : sales.manager@boluamor.com