“Saya optimis di tahun 2019 ini bisnis franchise masih akan terus meningkat. Sampai saat ini yang masih menduduki rating teratas adalah food and beverages, jasa dan retail,” ungkap Levita Supit, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) dalam keterangan resminya yang diterima redaksi Franchiseglobal.com, Kamis (24/1/2019).

Melihat perkembangan bisnis franchise yang cukup baik saat ini, Levita yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan ini menyarankan agar para calon franchisee jeli dalam memilih bisnis franchise.

“Untuk para franchisee, pilihlah bisnis franchise yang sudah terbukti menguntungkan, franchisor yang kreatif dan inovatif serta mempunyai satu visi dan misi dengan franchisor,” jelasnya.

Dia juga menyarankan kepada para franchisee agar bisa menguasai bisnis franchise yang dipilih. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mengetahui target market yang dituju. Tak hanya itu, franchisee juga dituntut harus bisa menjaga kualitas yang sesuai dengan SOP dari principal.

Selain itu, franchisor juga harus support penuh franchisee-nya, seperti memberikan pelatihan, mempromosikan bisnis tersebut, inovatif dalam menciptakan produk serta komunikasi yang terjalin dengan baik antara franchisor dengan franchisee.

Apalagi, kata dia, saat ini eranya sudah digital, sehingga lebih mudah dalam memasarkan produk yang dijual. Hal itu juga bisa mendongkrak penjualan. Karena masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka cari dari produk yang dijual.

“Melalui media digital, konsumen tidak perlu datang lagi ke lokasi. Mereka cukup menggunakan smartphone untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan dari produk yang kita jual,” kata Levita.