JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Pandemi Covid-19 memang berdampak pada sejumlah bisnis di tanah air. Tak terkecuali pada kegiatan konstruksi dan pembangunan. Namun tidak lama, sektor ini termasuk salah satu yang paling cepat bangkit. Kondisi itu membuat bisnis perlengkapan konstruksi seperti mur dan baut masih berpotensi di tengah pandemi.

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Simon Hendiawan, Direktur Utama PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk, perusahaan yang menaungi brand RJ Steel, jaringan bisnis waralaba outlet mur dan baut terkemuka di Indonesia. Itu dialami oleh RJ Steel, meskipun pandemi, permintaan akan produk mur dan baut tidak pernah berhenti.

Menurut Simon, itu dikarenakan pasokan ke pabrik-pabrik dan sejumlah proyek negara, seperti pembangunan jembatan, konstruksi, dan infrastruktur lainnya tetap berjalan selama pandemi. Kondisi tersebut tidak memberikan halangan yang berarti dan tidak menurunkan bisnis secara signifikan.

“Cuma satu dua bulan (awal pandemi), setelah itu naik lagi,” ungkap Simon.

Selama pandemi kemarin, justru dimanfaatkan oleh RJ Steel untuk melakukan terobosan ekspansi untuk membuat bisnis lebih besar. Langkah itu dilakukan dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, dimana Initial Public Offering (IPO) dilakukan pada 28 Januari 2022 lalu.

Dengan langkah tersebut, RJ Steel tahun ini akan lebih agresif membuka cabang di kota-kota strategis dan berkembang di Indonesia. Menurut Simon, permasalahan yang ada selama ini, permintaan akan produk mur dan baut sangat banyak seiring meningkatkan proyek pembangunan, tapi kesulitan untuk memenuhi permintaan karena tidak adanya cabang.

“Demand ada, tapi suplay yang sulit. Untuk itu, fokus RJ Steel saat ini adalah memperbesar suplay agar stok barang lebih banyak,” jelas Simon.

Tidak hanya itu, meningkatnya penggunaan teknologi digital selama pandemi juga disambut oleh RJ Steel untuk semakin aktif di ranah digital. Menurut Simon, inovasi digital sebetulnya telah dilakukan oleh perusahaan sejak kehadirannya 6-7 tahun yang lalu. Digitalisasi di RJ Steel digunakan dalam kegiatan proses, penerimaan barang, stock, hingga penjualan, telah terdigitalisasi untuk efisiensi bisnis.

“Yang membedakan, kali ini budget mengkomunikasikan lebih banyak dialokasikan melalui channel digital, sebelumnya lebih ke offline,” jelas Simon.

Berkat beragam inovasi dan strategi yang dijalankan, RJ Steel berhasil menyabet penghargaan Top Opportunity Choice Award 2022, yang diselenggarakan oleh FranchiseGlobal.Com. Penyerahan penghargaan dilakukan pada gelaran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022, yang digelar 3-5 Juni 2022.

Top Opportunity Choice Award 2022, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada pemilik bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha yang telah berusia 5 tahun lebih, dan berhasil membangun brand, menciptakan peluang, dan mengembangkan bisnisnya, sehingga menjadi peluang bisnis franchice dan lisensi yang berpotensi.

“Penghargaan menjadi motivasi bagi RJ Steel, karena selama dua tahun tidak mendapatkan apa-apa. Kami mengalami struggling selama pandemi, semoga bisnis franchise semakin sukses,” tutup Simon.