Bila berbicara bisnis franchise otomotif memang tidak pernah jauh membahas komoditi kendaraan beserta komponen-kompenen lain yang melakat di kendaraan tersebut. Apalagi setiap tahun, populasi kendaraan bermotor di Tanah Air terus meningkat. Tak salah, jika kian banyak pelbagai peluang usaha di bidang otomotif, seperti bengkel dan penjualan suku cadang, pun makin memikat.

Tak terkecuali dengan brand King Auto Interior, bisnis asal kota Bandung yang concern di bidang interior dan aksesoris mobil ini, menuai pundi-pundi rupiah berkat penjualan kendaraan bermotor yang terus meningkat. Terlebih saat ini ada beberapa regulasi dari pemerintah yang memberikan warna cerah pada iklim bisnis otomotif.

Hal ini dikemukakan langsung oleh Hendrawan, owner King Auto saat disambangi FranchiseGlobal.com di markas besarnya. Menurut Hendra, saat ini keadaan pasar otomotif sudah banyak berubah dibanding beberapa tahun yang lalu. Misalnya saja menurut ia, otoritas ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan pabrikan kendaraan wajib memenuhi komponen lokal minimal 50% dari komposisi total.

Tentu hal tersebut memberi angin segar bagi para pelaku usaha otomotif, lokal untuk bisa berbicara banyak di panggung industri kendaraan bermotor nasional. “Belum lagi saat ini, pabrikan kendaraan multinasional sudah banyak yang merangkul pemain lokal untuk ikut turut serta dalam proses produksi,” ujar pria yang pernah mengenyam pendidikan di Australia ini.

Lebih lanjut, menurut ia lagi terkait dengan regulasi undang-undang monopoli perdagangan, saat ini para pabrikan tak lagi menyediakan beberapa komponen tambahan secara langsung saat proses produksi kendaraan baru. Komponen tersebut meliputi kaca film, paint protection dan juga cover seat jok mobil. Peluang ini jelas yang dimanfaatkan dengan baik oleh King Auto Interior untuk menyediakan komponen tambahan yang tak lagi terpasang pada kendaraan baru.

“Jadi sekarang ini banyak pelanggan kami yang datang membawa mobil baru untuk memasang kaca film, paint protection, dan juga beberapa aksesorus mobil lainnya. Kami juga dirangkul oleh beberapa dealer mobil untuk menyediakan komponen tambahan tersebut ke kendaraan yang akan mereka jual. Jadi kami menyediakan seluruh komponen tambahan dan aksesoris yang dibutuhkan kendaraan baru, ibaratnya kami menjadi One Stop Shopping Business,” jelasnyanya.

Seperti diketahui, King Auto Interior menyediakan layanan aksesoris dan interior mobil seperti; cover seat, dashboard, plafon, pintu, karpet, steer, desk speaker, dan sejenisnya. Saat ini King Auto sudah memiliki jaringan bisnis sebanyak 48 outlet yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Kami memiliki empat paket investasi, Pertama paket investasi single senilai Rp75 juta sampai Rp1 miliar, dan yang kedua paket lengkap one stop shopping dengan investasi senilai Rp1 miliar sampai Rp2 miliar,” pungkasnya.

Klik King Auto Interior untuk informasi franchise, waralaba, investasi, BEP, dan info lengkap lainnya.