FRANCHISEGLOBAL.COM, JAKARTA - Damri bekerja sama dengan Alfamart dan Indomaret untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket, khususnya untuk layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri, mengatakan kolaborasi ini menjadi langkah nyata dalam mendukung program digitalisasi Damri yang menunjang layanan terbaik kepada pelanggan.

"Layanan AKAP Damri tersebar di lebih dari 20 kantor cabang seluruh Indonesia dan merupakan salah satu yang ramai digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan jarak jauh," kata dia melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Adapun rute AKAP yang dilayani, khusus cabang Bandara Soekarno-Hatta melayani beberapa rute diantaranya Jakarta-Malang, Jakarta-Banyuwangi, Jakarta-Purwakarta, dan Jakarta-Sukabumi. Kemudian, cabang Jakarta melayani rute Jakarta-Wonosobo.

Sementara cabang Lampung melayani beberapa rute, diantaranya Metro-Tanjung Karang-Bandung, Talang Padang-Raja Basa-Bandung, Tanjung Karang-Stasiun Gambir, Metro-Tanjung karang-Bekasi, Metro-Tanjung karang-Bogor, Metro-Raja Basa-Bandung, Tanjung Karang-Bogor-Sukabumi, Kota Bumi-Raja Basa-Gambir, Gaya Baru-Raja Basa-Gambir, dan Tanjung Karang-Gambir-Bekasi.

Selain itu khusus cabang Pontianak juga melayani beberapa rute AKAP, diantaranya Pontianak-Pangkalan Bun, Pontianak-Sintang, Pontianak-Nanga Pinoh, Pontianak-Putussibau, Sintang-Singkawang, Pontianak-Ketapang, dan Putussibau-Badau.

Untuk rute layanan di cabang Yogyakarta yakni Yogyakarta-Pasar Kemis, Purworejo-Kotabumi, dan Purworejo-Kemayoran.

Rute layanan di cabang Bandung, diantaranya Bandung-Indramayu, Bandung-Kuningan, Bandung-Ciledug, Bandung-Yogyakarta, Bandung-Malang, Soekarno Hatta-Jatinangor, dan Jatinangor-Elang.

Untuk rute cabang Palembang, Damri juga melayani beberapa rute, seperti Palembang-Jakarta-Purworejo, Palembang-Lampung, dan Palembang-Lubuklinggau.

Sedangkan di cabang Banjarmasin melayani rute Banjarmasin-Samarinda dan Banjarmasin-Buntok. Khusus cabang Purwokerto melayani rute Bobotsari-Kemayoran, Mandiraja-Poris, Purbalingga - Kalideres, dan Ajibarang - Kemayoran.

Selanjutnya untuk rute cabang Malang melayani Malang-Sumenep. Rute AKAP DAMRI di cabang Cilacap melayani Cilacap-Kampung Rambutan. Kemudian cabang Pangkalpinang melayani rute Pangkalpinang-Batu Betumpang.

Cabang Bengkulu melayani rute Bengkulu-Tasikmalaya. Cabang Palangkaraya melayani rute Palangkaraya-Pangkalan Bun, Palangkaraya-Lamandau, Palangkaraya-Buntok, dan Palangkaraya-Pangkuh.

Cabang Denpasar melayani rute AKAP dari Denpasar-Jember dan Denpasar-Probolinggo. Kemudian cabang Ponorogo melayani Ponorogo-Jambi dan Ponorogo-Jakarta. Cabang Tanjung Selor melayani rute Tanjung Selor-Malinau.

Sedangkan rute di cabang Manado, Kendari, Gorontalo, Makassar, dan Halmahera melayani beberapa rute di antaranya Manado-Palu, Manado-Doloduo, Kendari-Mawasangka, Kendari-Torobu-Baubau, Gorontalo-Palu, Gorontalo-Kotamobagu, Gorontalo-Papualangi, Gorontalo-Pinolosian, Makassar-Palu, Makassar-Morowali, Makassar-Pare-pare, Makassar-Camba-Sinjai, dan Tobelo-Trans Sukamaju.

“Damri berupaya untuk selalu memudahkan akses masyarakat dalam membeli tiket dengan mengintegrasikan layanan pemesanan ke tempat-tempat yang familiar bagi masyarakat, seperti di Alfamart dan Indomaret,” ujarnya.

Dia menambahkan pelanggan yang ingin memesan tiket perjalanan AKAP, dapat langsung mendatangi kasir di Alfamart dan Indomaret.

Setelah pemesanan diproses, pelanggan bisa membayar dengan uang tunai maupun uang elektronik yang dimiliki.

“Kedepannya Damri akan terus berinovasi untuk membangun sarana pemesanan tiket yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, sehingga harapannya dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket perjalanan,” tandasnya.